3 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Advertising Agency
Informasi Terkini

3 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Advertising Agency

Pasti kamu sering menonton program acara di saluran televisi dan ada jeda iklan. Selain menonton tv, saat kamu menonton youtube pasti kamu juga akan melihat iklan yang muncukltiba-tiba. Kebanyakan orang akan skip iklan dan mengganti channel tv jika iklannya membosankan. Jika iklannya menarik, pasti kebanyakan dari kalian akan terus menontonnya. Pernahkah kamu terfikir siapa yang bisa membuat iklan menarik? Advertising Agency adalah jawabannya.

Agensi advertising sendiri adalah sebuah agen yang menyediakan jasa atau layanan yang berfungsi dalam melakukan fungsi iklan kliennya. Masih bingug dengan penjelasan tersbut? Mari simak ulasan tentang hal yang harus kamu ketahui tentang agensi ini agar kamu tidak bingung dan megetahui seluk beluk tentang agensi ini.

Beberapa Poin Penting Tentang Dunia Agensi Periklanan

1. Fungsi Agen Periklanan

Sesuai dengan pengertiannya, agensi ini adalah salah satu industri kreatif yang berfungsi dalam melakukan kegiatan periklanan sebuah perusahaan. Pasti kamu mempunyai iklan favorit yang mudah terngiang di fikiran kamu. Meskipun tidak semuanya favorit, iklan itu dapat menghibur mu dan tidak membuat kamu kesal ketika ada iklan yang tiba-tiba nyelonong tanpa permisi. Pesan-pesan perusahaan akan diselipkan di setiap iklan.

3 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dari Advertising Agency

Jadi, fungsi utama dari sebuah agensi perilkklanan adalah menyampaikan pesan-pesan dari klien atau perusahaan dan disampaikan kepada masyarakat luas untuk kepentingan pemsaran dan juga branding. Pesan yang ingin disampaikan bisa berupa promosi, pesan sosial, dan lain sebagainya. Jika pesan yang ingin disampaikan berhasil diterima dan ditangkap masyarakat, maka tujuan dari agensi ini tercapai dan memberikan hasil yang memuaskan bagi perusahaan.

2. Profesi dalam Agensi Advertising

Orang-orang yang berkerja di dalam advertising ini memilikicara masing-masing untuk menyampaikan sebuah pesan kepada masyarakat. Bisa melalui sebuah tulisan, menggambar, mengambil foto, dan juga membuat layout dan ilustrasi untuk menyampaikan pesan secara efektif.

Profesi-profesi yang ada di dalam dunia agensi advertising ini cukup banyak lho, kamu bisa memilih profesi ini berdasarkan kemampuanmu menggunakan suatu media untuk menyampaikan pesan. Kalau kamu suka tulis-menulis, kamu bisa menjadi seorang Copywriter. Bagi kamu yang suka menggambar atau membuat ilustrasi, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu untuk menjadi seorang director art.

Selain itu ada web designer yang dibutuhkan dalam membuat design web yang diinginkan oleh klien. Jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan fotografi, kamu bisa juga menjadi seorang fotografer dan videografer yang berguna untuk memotret dan membuat video yang dibutuhkan oleh klien.

3. Alur Pembuatan Iklan di Agensi Advertising

Ketika sebuah advertising agency akan memproduksi iklan , alur yang pertama harus dilakukan adalah bertemu dnegan klien dan mendapatkan petunjuk atau poin penting tentang apa yangingin disampaikan oleh klien. Setalah itu membuat perjanjian dengan klien tentang deadline waktu penyelesaian.

Setelah mendapatkan petunjuk atau poin penting tersebut, Setelah itu seorang account excecutive membuat data lengkap tentang hal-hal yang diinginkan klien berupa produk, target pasar, dan masalah pokok. Setelah itu tim kreatif akan melanjutkan dengan membuat lay out dan dikonsultasikan kepada klien. Jika lay out cocok, akan langsung di finishing. Lama pembuatan iklan tergantung kerjasama yang sudah ditentukan di awal.

Bekerja di agensi advertising pastinya sangat menyenangkan. Mengingat juga gaji yang diberikan berkisar dari 2 juta hingga 9 jutaan. Gaji tersebut akan berbeda tergantung setiap profesi dan tingkatan profesinya. Bekerja di agensi periklanan juga mempunyai prospek terhadap jenjang karir yang bagus. Dalam hal penyelesaian sebuah iklan, relasi antara clien dan agensi haruslah sangat diperhatikan agar proses pembuatan iklan berjalan lancar dan risikonya dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *