rincian modal usaha konter pulsa
Info Bisnis Dan Lainnya

4 Rincian Modal Usaha Konter Pulsa yang Perlu Dipenuhi Oleh Pemilik Usaha

Memulai sebuah bisnis konter pulsa sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipelajari secara mendetail. Sebab salah perhitungan di awal usaha bisa berujung rugi belakangan. Apalagi bagi seorang pemula yang masih meraba pasar dan mudah dipengaruhi hal asing. Oleh sebab itu ada baiknya belajar dulu tentang rincian modal usaha konter pulsa. Supaya tahu berapa modal yang keluar dan keuntungan yang didapat.

Antisipasi Diawal Agar Tidak Terlalu Rugi

1. Modal Tempat

Langkah awal memulai usaha ialah menguatkan kemauan, selanjutnya menentukan target pasar yang dituju. Hal ini diperlukan supaya anda lebih mudah dalam memasarkan produk ke masyarakat. Apalagi jika anda berniat memiliki toko konter sendiri, tentunya pemilihan tempat menjadi pertimbangan. Setidaknya masyarakat sekitar membutuhkan pulsa dan minim persaingan.

rincian modal usaha konter pulsa keuntungan jual pulsa

Luas bangunan tidak perlu besar sekitar 3 x 4 meter saja sudah cukup untuk memulai usaha. Justru yang paling penting ialah lokasi konter tidak jauh dari jalan raya, serta mudah diakses oleh pembeli. Untuk toko konter lebih aman menyewanya per bulan, biasanya sekitar 500-700 ribu. Selanjutnya lengkapi toko dengan etalase kecil yang diperkirakan seharga 1 juta. Jika ditotal keseluruhan modal tempat perlu mengeluarkan 1-2 juta di awal usaha dibuka.

2. Modal Deposito Pulsa

Mencari mitra kerja sebenarnya cukup mudah tinggal buka Google, lalu menjelajahi kolom pencarian. Setelah memasukkan keyword sesuai kebutuhan akan ditampilkan beberapa penyedia jasa server pulsa murah. Untuk menjalin kerjasama anda bisa mengontak nomor yang tertera, atau langsung mendatangi counternya. Dari hasil mengutarakan tujuan inilah anda bisa memperkirakan pengeluaran awal untuk membeli deposito pulsa.

Biasanya saldo awal pulsa berkisar 6-8 juta kemudian akan dipecah, menjadi beberapa saldo operator m-kios. Untuk modal kuota internet memerlukan sekitar 5 juta untuk stok paket data. Tidak perlu banyak diawal paling tidak per item ada 5 pack, misalnya voucher dengan isian 1 GB tersedia 5 pack. Jadi anda membutuhkan modal sekitar 10-15 juta untuk deposito pulsa saja.

3. Modal Perlengkapan Konter

Saat pertama kali membuka bisnis konter, anda memerlukan satu handphone untuk transaksi. Tidak perlu handphone yang mahal asalkan mudah digunakan untuk melakukan jual beli. Kemudian membutuhkan satu smartphone untuk kontak CS dari server pulsa, supaya komunikasi terjalin lancar. Diperkirakan anda membutuhkan modal sebesar 3 juta untuk membeli handphone dengan jenis yang berbeda.

rincian modal usaha konter pulsa Usaha Konter Hp

Rincian modal usaha konter pulsa selanjutnya mengacu pada alokasi perlengkapan toko. Untuk meletakkan beberapa kartu perdana butuh etalase sepanjang 2,5-3 meter. Kira-kira biaya yang diperlukan sebesar 1,5 juta, dan sudah dilengkapi dengan lampu kaca. Kemudian butuh papan iklan kaki segitiga setinggi satu meter, dengan harga kurang lebih 100 ribu.

4. Modal Aksesoris Handphone

Bangunan konter perlu diisi dengan beberapa perlengkapan handphone, jadi tidak menjual pulsa saja. Anda bisa menjual aksesoris handphone yang sekiranya dibutuhkan oleh para konsumen. Mulai dari kabel data, kabel charger, hingga headset yang dijual dengan harga terjangkau. Aksesoris ini bisa menambah pendapatan anda disamping pulsa yang ditawarkan.

Sebenarnya membuka bisnis konter cukup mudah, yang terpenting paham cara kerjanya. Mitra kerja juga menjadi langkah awal supaya bisnis berjalan lancar dan tidak ada keraguan. Selain itu anda bisa memperkirakan berapa modal yang dikeluarkan di awal. Dengan begitu anda dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Setelah penjualan berjalan bisa menghitung berapa keuntungan dari pendapatan yang di dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *