Uncategorized

Balita Korban Penculikan di Bekasi Ditemukan di Stasiun Senen

Setelah lima hari menghilang, Anisa Suci Adiwibowo yang merupakan seorang balita korban penculikan berusia 3 tahun akhirnya ditemukan. Anisa Suci Adiwibowo menghilang ketika ia sedang bermain – main di Masjid Al Amin yang berlokasi di jalan Bintara 3, kecamatan Bekasi Barat, kota Bekasi.
Pada minggu sore, Anisa ditemukan di stasiun Pasar Seneng, Jakarta Pusat. Lantas, seperti apa kronologi menghilangnya Anisa Suci Adiwibowo? Berikut liputannya!
Kronologi Anisa Jadi Korban Penculikan
Atas ditemukannya Anisa tentu orang tua merasa sangat senang. Menurut April, ibunda Anisa ketika hari anaknya menghilang dia sedang bermain di sekitar area Masjid Al Amin. Menurut April, anaknya ditemukan bersama seorang terduga pelaku penculikan.
Terduga pelaku tersebut masih bersama anaknya ketika penemuan berlangsung. Seorang terduga pelaku tersebut merupakan nenek – nenek yang memakai kerudung dan daster biru bermotif bunga. Mengenai apa keperluan pelaku menculik anak berusia 3 tahun ini masih belum jelas. Namun santer kabar bahwa nenek – nenek tersebut sudah agak pikun ketika diinterogasi yang menjadikan kasus ini cukup sulit terungkap tentang motifnya dan mengapa sang nenek bersama balita Anisa.
Detik – detik ketika penculikan terjadi terekam CCTV. Dalam rekaman tersebut, pelaku yang memakai kerudung berwarna cokelat dan daster biru bermotif bunga mengajak Anisa untuk pergi. Keduanya sempat melakukan interaksi selama kurang lebih 15 menit sebelum pada akhirnya pelaku menggendong korban dan membawanya pergi dari area masjid.
Agar kejadian yang serupa tidak terjadi, baiknya bagi para ibu yang sedang berada di luar rumah bersama anak harus berhati – hati. Ibu juga harus mengenalkan bahaya penculikan anak kepada si kecil. Beberapa tips yang bunda bisa lakukan untuk memberi pengertian kepada si kecil agar terhindar dari bahaya penculikan anak, diantaranya :
Beritahu kepada anak bahwa ia harus selalu waspada dengan orang asing
Ketika berinteraksi dengan orang asing, berikan nasehat kepada anak agar ia tidak mudah terlena dan terpancing dengan omongan orang asing. Bahkan jika ia diiming – imingi apapun oleh orang asing ajarkan agar anak tidak menerimanya dengan mudah. Minta agar ketika keluar atau di luar tidak dalam pengawasan orang tua agar ia tidak pernah mau menerima ajakan atau tawaran apapun jika yang mengajak bukan saudara atau orang tua yang dikenali.
Perkenalkan anak dengan aneka ragam modus penculikan
Ada berbagai macam modus penculikan anak yang saat ini sudah dilakukan. Oleh sebab itu, orang tua harus aktif mengenalkan berbagai modus penculikan yang berkemungkinan terjadi tersebut. Salah satu modus penculikan yang sering dilakukan adalah penculik yang meminta bantuan kepada anak.
Ingatkan juga kepada anak bahwa orang dewasa sebenarnya tak butuh bantuan dari anak kecil terlebih jika mengenai hal – hal yang kecil. Jika ada orang dewasa yang meminta bantuan kepada anak kecil utamanya orang tersebut bukan orang yang dikenal maka anak harus berhati – hati.
Beritahu aturan main kepada si kecil
Cobalah untuk memperjelas batas serta aturan apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Semisal contohnya, tegaskan kepada anak bahwa ia tidak boleh diajak pergi hanya karena suatu pemberian misalkan cokelat atau permen. Tegaskan bahwa ini bukan anjuran tetapi perintah dari Anda.
Waspadalah sedari sekarang karena oknum penculik dengan berbagai modus berkeliaran di sekitar kita. Pastikan anak Anda selalu aman dan berhati – hatilah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *