Uncategorized

BEBERAPA PEKERJAAN INI BISA MENJADI USAHA SAMPINGAN IBU RUMAH TANGGA

Jika anda sekarang telah menjadi ibu rumah tangga namun ingin memiliki penghasilan sendiri di rumah, maka anda telah menuju artikel yang tepat. Karena nantinya disini akan membahas beberapa pekerjaan yang bisa menjadi usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga selain harus mengurus rumah juga memiliki kewajiban mengurus keluarga. Namun, tidak ada salahnya jika ingin memiliki penghasilan sendiri dan menjadi wanita karir tanpa meninggalkan kewajiban sebagai IRT. Dengan begitu, anda akan bisa berbelanja atau membayar arisan ibu-ibu menggunakan uang sendiri tanpa harus selalu meminta kepada suami. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga.

1.Membuka Toko
Seorang ibu rumah tangga pasti akan selalu melakukan hal ini. Yaitu belanja. Belanja ini memiliki arti yang lebih luas lagi. yakni belanja kebutuhan bisa dalam hal kebutuhan dapur, kebutuhan alat rumah tangga, kebutuhan pakaian keluarga, dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membuka toko sebagai pekerjaan sampingan. Anda bisa menjual beberapa kebutuhan yang sekiranya memiliki pengaruh besar terhadap kondisi ekonomi sekitar anda seperti kebutuhan sayur atau bumbu dapur. Karena biasanya ibu-ibu lebih memilih untuk datang ke toko agar bisa langsung memilih dan melihat kualitas barang yang akan dicari. Dan ibu-ibu yang membuka toko sayur memiliki potensi yang besar di desa.

2.Berjualan Online
Bagi anda yang sudah menguasai teknik jual beli online anda bisa mencoba pekerjaan sampingan ini, namun jika belum cukup untuk menguasai anda bisa mempelajarinya. Caranya mudah. Tugas anda hanya memposting barang yang akan anda jual dan melayani pembeli melalui smartphone. Anda bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper atau menyetok di rumah.
●Jika anda menjadi reseller, anda tidak perlu menyetok. Tugas anda hanya memesankan barang pembeli anda melalui supplier anda. Supplier merupakan penyetok barang dari gudang atau pabrik secara langsung tergantung dari apa yang anda jual. Lalu jika barangnya sampai rumah anda maka pembeli akan mengambil barang tersebut. Untuk sistem pembayarannya anda bisa menggunakan pre order yaitu membayar dahulu lalu barang sampai, atau anda yang membayar terlebih dahulu ke supplier lalu saat barang sudah sampai, pembeli baru membayar ke anda sesuai dengan harga jual anda.
●Jika anda menjadi dropshipper anda tidak perlu menunggu barang datang kerumah anda. Tugas anda cukup memesankan barang pembeli anda ke supplier lalu mengirim barang tersebut langsung ke alamat rumah pembeli. Jadi sistem pembayarannya, pembeli membayar barang anda lalu anda membayar kepada supplier dan menambahkan alamat rumah pembeli tersebut. Jadi barang tidak perlu mampir ke rumah anda.
●Nyetok di rumah. Cara ini merupakan cara berjualan lama sebelum munculnya sistem jual beli online. Yakni membeli semua barang yang akan anda jual lalu anda letakkan di toko anda dan membuka toko seperti biasanya. Namun anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan barang jualan anda. Sedikit informasi bahwa untuk cara reseller dan dropshipper tidak harus membuka toko.

3.Freelancer
Freelancer merupakan istilah sebagai pekerja lepas tanpa terikat kontrak dari perusahaan atau instansi. Anda bisa memilih sebagai pekerja penuh waktu atau paruh waktu, secara remote (secara online) atau tidak. Banyak pilihan dari freelancer seperti penulis lepas, penjaga toko, admin sosial media dan lain sebagainya. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan waktu luang anda.

4.Content Creator
Buat para ibu yang sudah sudah mengikuti perkembangan teknologi dengan baik bisa mencoba sebagai content creator sebagai usaha sampingan nih. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memposting konten anda. Bisa berupa video masak atau tips dan trik menggunakan benda rumah tangga yang jarang diketahui banyak orang.

Mungkin itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai usaha sampingan ibu rumah tangga. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *