Berkenalan Dengan Omni Channel Retailing, Strategi Baru Dalam Bisnis Digital ini
Informasi Terkini

Berkenalan Dengan Omni Channel Retailing, Strategi Baru Dalam Bisnis Digital

Di masa kini, berbagai bisnis digital mulai bermunculan yang baru. Beberapa tahun belakangan mulai muncul Omni Channel Retailing, sebuah model bisnis yang menjadi solusi pelaku bisnis, khususnya ritel untuk tetap eksis, bahkan tetap kembali meningkatkan omzet bisnisnya. Sebuah pendekatan perdagangan yang terintegrasi sepenuhnya dan memberikan pembeli pengalaman di saluran online maupun offline. Pembeli bisa memiliki pengalaman belanja yang luas, mulai dari lokasi fisik hingga seluler.

Mengenal Omni Channel, Pengalaman Berbelanja Cara Baru

Sebagian orang masih bertanya apa itu Omni Channel dan alasan kenapa begitu booming. Dalam definisinya, Omni Channel adalah kombinasi dari berbagai macam cara dan channel untuk berbelanja, namun tetap memberikan brand feeling yang sama. Maksudnya, sama seperti saat membeli di toko fisik, webstore, smartphone ataupun media sosial. Seiring berkembangnya teknologi, konsumen cenderung memilih kemudahan berbelanja. Barang bisa dibeli kapanpun dan dimanapun.

Berkenalan Dengan Omni Channel Retailing, Strategi Baru Dalam Bisnis Digital

Omni Channel menawarkan model bisnis lintas channel yang mengutamakan pengalaman pelanggan. Perusahaan yang mempraktikkan Omni Channel para pelanggannya dapat berbelanja dengan berbagai channel, sekaligus online maupun offline. Mengharuskan semua yang terlibat untuk bekerja sama. Integrasi yang ditawarkan bahkan lebih efisein dan menyenangkan daripada menggunakan saluran tunggal terpisah. Konsumen memiliki opsi untuk berbelanja di banyak tempat.

Mewujudkan Pengalaman Berbelanja dengan Omni Channel

Omni Channel bermakna keleluasaan konsumen untuk mengakses produk dan layanan perusahaan setiap saat, setiap tempat dan setiap media. Memberi pengalaman unik di beberapa channel belanja seperti dalam ritel, market place, mobilitas, dan sosial media. Omni Channel selalu terhubung dengan internt melalui ponsel di genggaman tangan. Konsumen mengetahui informasi mendetail, termasuk pilihan penawaran dan penerimaan produk yang disesuaikan dengan keberadaan mereka.

Konsumen akan dibawa berkeliling untuk belanja, melintasi berbagai saluran pemasaran termasuk toko fisik, online, seluler, dan sosial. Ini menjadi pengalaman baru berbelanja, karena konsumen diajak melihat berbagai penawaran. Sedikit banyak mempengaruhi penjualan, karena bisa jadi yang dihasilkan lebih banyak. Mengikuti perkembangan zaman, Omni Channel memanjakan konsumen dalam berbelanja. Cukup diam ditempat, lalu memilih barang sesuka hati.

Proses Berbelanja dengan Omni Channel

Proses berbelanjanya seperti ini, misalnya pelanggan browsing barang pada website di pagi hari, ditinggal sebentar untuk melakukan aktivitas lain, lalu beberapa jam melakukan pembelanjaan melalui aplikasi ponsel, dan sorenya bisa mengambil belanjaan di toko sepulang kantor. Menariknya, di Omni Channel Retailing konsumen bisa mengembalikan barang yang dibelinya secara online dan menukarnya dengan ukuran atau kondisi barang yang lebih pas di toko. Semuanya terintegrasi secara jelas, termasuk media pemasaran dan sales.

Besoknya, konsumen menerima email atau notifikasi SMS yang memberitahukan pengiriman telah dilakukan. Pada konsumen, pengiriman dalam waktu cepat merupakan harapan agar segera menikmati barang. Konsumen masa kini, secepat kilat membagikan informasi pelayanan dan pengalaman berbelanja lewat sosial media yang dimiliki. Kemajuan internet dan smartphone membantu menyebarkan informasi di media sosial. Ini yang membuat model bisnis berubah.

Di zaman sekarang, pebisnis ritel di Indonesia perlu menerapkan cara bisnis Omni Channel. Karena berangkat dari pelanggan zaman now yang inginnya berbelanja dimanapun dan kapanpun. Belum lagi cara uniknya yang mengintegrasi pasar online dan offline. Sehingga pelanggan akan mendapatkan kepuasan berbelanja maksimal. Pada akhirnya, cara ini membantu pebisnis ritel yang sudah besar maupun kecil untuk bersaing kembali dalam pasar. Mencari lagi pelanggan untuk meraih omzet tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *