Cara Mengatur Keuangan Paling Lengkap
Info Bisnis Dan Lainnya

Biar Bisa Nabung, Yuk Simak Cara Mengatur Keuangan Secara Tepat

Kondisi keuangan seseorang seringkali dikaitkan dengan besaran gaji yang diperoleh. Namun, tidak semua orang bisa mengatur keuangan dengan baik meskipun mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Beberapa orang sering merasa kesulitan mengelola keuangan, sehingga tidak bisa menabung. Mungkin anda termasuk salah satu dari mereka? Berikut ini cara mengatur keuangan secara tepat yang bisa anda terapkan.

Tips Mengelola Keuangan dengan Baik

1. Menyusun Anggaran Keuangan

Penyebab pengeluaran yang tidak terbatas, bisa disebabkan karena alokasi pendapatan yang tidak jelas. Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan menyusun anggaran keuangan secara rinci mulai dari pemasukan hingga pengeluaran baik harian, mingguan maupun bulanan. Jadi sebelum uang gajian diterima, anda sudah tahu akan dikemanakan uang tersebut. Pastikan untuk memprioritaskan kebutuhan yang sifatnya penting dan mendesak.

2. Hindari untuk Berhutang

Sebisa mungkin anda harus menghindari berhutang baik ke bank ataupun pinjaman online, jika hal itu bukan untuk kebutuhan yang penting. Apalagi jika bunga yang ditetapkan cukup besar, sehingga pengunduran pembayaran menyebabkan hutang semakin membengkak. Berhutang dapat menyebabkan penghasilan anda cepat habis, sebelum digunakan untuk kebutuhan yang lain. Jika masih punya hutang, sebaiknya segera lunasi hutang tersebut agar tidak semakin terbebani.

ini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

3. Menyimpan Uang Receh

Mungkin terdengar remeh, namun cara mengatur keuangan yang satu ini cukup efektif untuk anda. Bayangkan saja jika setiap hari anda mendapatkan kembalian uang receh seribu rupiah. Jika dikumpulkan selama sebulan maka jumlahnya tiga puluh ribu rupiah. Dengan uang tersebut, anda bisa memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersier seperti membeli sabun cuci atau pulsa. Sediakan celengan untuk memudahkan menyimpan uang receh yang anda dapatkan.

4. Tidak Sering Makan di Luar

Salah satu penyebab gaya hidup yang boros yaitu pengeluaran untuk makanan yang tidak diperhatikan dengan baik. Khususnya anda yang lebih memilih makan di luar rumah. Mungkin tidak akan masalah jika pergi ke restoran sekali dua kali. Maka dari itu, pertimbangkan untuk lebih berhemat dalam urusan makanan dengan memasak di rumah. Dengan begitu, sisa uang masih bisa disisihkan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

5. Membandingkan Faktor Harga

Saat membeli barang atau kebutuhan sehari hari, anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan membandingkan harga. Biasanya antara supermarket yang satu dengan yang lainnya menjual barang yang sama dengan selisih harga tertentu. Jika barang yang anda beli cukup banyak,tentunya selisih harga tersebut harus dipertimbangkan dengan baik. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan promo dan diskon untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Memanfaatkan Peluang Bisnis

Bergantung hanya dengan satu sumber penghasilan saja memang tidak mudah. Apalagi kebutuhan yang harus dipenuhi cukup banyak. Kondisi ini menyebabkan anda kesulitan untuk mengaturnya. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa memanfaatkan keahlian yang anda punya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Memanfaatkan peluang bisnis bisa dilakukan dengan membuka pesanan kue, membuka jasa menjahit baju atau menjadi freelance fotografer.

Penting untuk mengendalikan diri agar tidak mudah mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang kurang penting. Sebelum berbelanja sepuasnya selepas gajian, anda harus mengingat bahwa masih banyak keperluan lainnya yang harus dipenuhi. Apalagi jika kondisi anda sudah berumah tangga. Biasakan untuk mendahulukan pembayaran tagihan baik mingguan maupun bulanan. Jangan sampai terlalu fokus pada kehidupan saat ini, sehingga keuangan di masa depan menjadi terabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *