ini cara berjualan di marketplace Online shopping
Info Bisnis Dan Lainnya

Cara Berjualan di Marketplace Biar Bisnis Jalan Terus

Membeli barang dengan cara online merupakan salah satu trend yang terdapat di masyarakat saat ini. Selain lebih mudah, dengan membeli pada suatu marketplace juga memiliki banyak keuntungan yang lainnya. Misalnya adalah dapat membandingkan produk dari satu online shop ke online shop yang lain. Bagi anda yang hendak terjun di bidang bisnis tersebut, mari simak cara berjualan di marketplace berikut ini.

Cara untuk Berdagang Online pada Marketplace

1. Pilih Nama Toko yang Mudah Diingat

Cara pertama yang bisa anda pilih untuk berbisnis pada marketplace adalah dengan memilih nama toko yang mudah diingat. Banyaknya pesaing lain pada marketplace juga mengharuskan anda memiliki nama toko yang unik. Namun jangan sampai karena hal nama yang unik membuat konsumen kesulitan mengingat nama toko milik anda. Nama toko sebaiknya juga berkaitan dengan produk yang hendak anda jual.

2. Gunakan Logo untuk Foto Profil

Tak hanya nama toko saja yang harus unik, logo yang dipilih juga harus bisa mewakili produk yang anda jual. Gunakan logo tersebut untuk foto profil akun yang anda miliki untuk berjualan. Hal ini akan membuat konsumen percaya pada akun milik anda. Untuk membuat logo tersebut, anda juga bisa menggunakan aplikasi yang banyak ditemui saat ini seperti aplikasi Canva.

mau tau cara berjualan di marketplace Tingkatkan Penjualanmu di Marketplace

3. Sediakan Jasa Ekspedisi yang Bervariasi

Cara berjualan di marketplace tertentu yang bisa anda lakukan adalah dengan menyediakan jasa ekspedisi yang bervariasi. Hal ini akan membuat konsumen tertarik dan mau membeli produk pada anda. Variasi dari ekspedisi yang tersedia saat ini juga beraneka macam, misalnya adalah JNE, Wahana, JNT, Grab Express, Pos Indonesia, dan juga GoSend.

4. Berikan Deskripsi Produk yang Jelas

Seringkali karena deskripsi yang tidak jelas membuat seseorang enggan untuk membeli produk yang ditawarkan via online. Untuk mengantisipasinya, anda dapat memberikan deskripsi secara rinci dan jelas kepada para konsumen. Hal ini sendiri memang terbukti membantu para calon pembeli dalam menentukan produk yang hendak mereka beli.

5. Gunakan Foto Asli yang Jelas

Foto yang palsu dan mengambil dari laman lain membuat banyak calon pembeli menjadi ragu untuk membeli suatu produk. Untuk mulai berjualan via online dengan menggunakan marketplace tertentu upayakan memuat foto anda sendiri. Pilih foto yang jeals dan juga asli untuk membangun kepercayaan dari konsumen mereka. Bahkan sekarang hanya dengan menggunakan smartphone tertentu sudah dapat menghasilkan foto yang baik dan jelas.

6. Tawarkan Harga yang Bersaing

Memang pada umumnya konsumen akan memilih produk dengan harga yang ramah di kantong. Hal inilah yang melatarbelakangi strategi penjualan milik anda. Tawarkan produk yang memiliki harga bersaing. Akan tetapi jangan lupa pula untuk memberikan kualitas produk yang baik. Diharapkan hal tersebut akan membuat para konsumen mau membelinya.

7. Milikilah Sikap Fast Respon

Terkadang karena sifat slow respon yang dimiliki oleh seorang penjual membuat calon pembeli merasa jengkel. Hal ini merupakan salah satu hal yang harus anda hindari dalam berbisnis pada marketplace. Upayakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen yang ada. Hal ini akan memberi kepuasan tersendiri pada mereka dan membuatnya mau membeli kembali.

Berbisnis di dunia maya merupakan salah satu hal yang sudah sering ditemui. Namun untuk melakukannya, juga diperlukan trik atau cara tertentu agar bisnis dapat terus melaju dan berkembang. Cara yang telah dibahas dapat dicoba bagi anda yang terjun ke bidang bisnis online tersebut. Seperti misalnya adalah membaut nama dan logo produk yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *