Hal Penting Tentang Profesi Dalam Media Buying Yang Harus Kamu Tahu
Informasi Terkini

Hal Penting Tentang Profesi Dalam Media Buying Yang Harus Kamu Tahu

Dalam kegiatan periklanan ada 2 proses aktivitas, yaitu media planning yang merupakan proses bagaimana menentukan dan menggunakan media yang tepat dalam meraih tujuan pemasaran. Sedangkan media buying merupakan aktivitas yang dilakukan di kegiatan periklanan dalam memonitoring dan mengevaluasi hasil dari kegiatan media planning.

Orang-orang yang melakukan 2 kegiatan tersebut berfprofesi sebagai media planner dan media buyer. Dimana media buyer menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi bagi media planner, negosiasi harga beli dan sewa terhadap suatu media, memonitor pelaksanaan kegiatan iklan, dan juga mengevaluasi akumulasi tingkat efektivitas kegiatan periklanan atau melakukan riset. Untuk menjadi seorang media buyer psati membutuhkan kriteria tersendiri. Yuk langsung simak ulasannya.

Tugas dan Jobdesk Media Buyer

Media buyer merupakan sebuah pekerjaan di dalam periklanan atau advertising dimana mereka bertanggung jawab dalam membeli slot iklan dari berbagai media sebagai sarana menampilkan iklan para kliennya. Pada intinya, pekerjaan utamanya adalah membantu klien mencapai target audiens sebanyak-banyaknya melalui iklan media dengan biaya seminimal dan seefisien mungkin.

Tugas dan jobdesk dari seorang media buyer adalah mengidentifikasi targetaudiens melalui media tertentu, dan mencari cara terbaik untuk beromunikasi dengan audiens tersebut. Selain itu, menjadi peghubung antara klien dengan perusahaan yang menjaul media dengan cara bernegosiasi untuk mendapatkan harga dan slot yang terbaik. Lalu seorang media buyer harus memastikan bahwa iklan klien akan tayang secara akurat, sehingga pesan yang diinginkan tersampaikan.

Hal Penting Tentang Profesi Dalam Media Buying Yang Harus Kamu Tahu

Seorang medi buyer juga harus mengetahui update tentang angka penelitian di industri media. Seperti angka distribusi media, dan juga angka audiens penonton atau pembaca atau pelanggan. Selain itu profesi ini juga mempunyai tugas melaporkan pengaturan anggaran eksposur di media. Dan jobdesk terakhir dari seorang media buyer adalah mengumpulkan dan menganalisa data penjualan dan data konsumen. Lalu melakukan evaluasi tentang efektivitas kampanye iklan

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Media Buyer

Seorang media buyer harus memiliki dan menguasai pengetahuan seputar media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara-cara alternatif dalam menginformasikan atau menyampaikan pesan agar audiens terhibur melalui tulisan, maupun media visual.

Selain Komunikasi dan media, seorang media buyer haruslah memiliki pengetahuan tentang penjualan dan pemasaran. Dimana hal-hal yang berkaitan dengan prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjualsebuah produk atau jasa, Termasuk strategi dan taktik pemasaran serta teknik penjualan haruslah dimiliki oleh media buyer.
Selain itu media buyer harus memiliki wawasan dan pengetahuan seputar prinsip dan praktik ekonomi akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa data dan laporan data keuangan.

Kemampuan dan Keterampilan Yang Harus Dimiliki

Seorang media buyer harus terampil dalam menimbang dan mengambil keputusan, persuasi (membujuk atau merayu orang), Negosiasi, dan juga harus bisa berfikir kritis dalam menjalankan aktifitas media buying.

Seorag media buyer juga harus memiliki kemampuan dalam menyusun informasi tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Kemampuan terhadap pemahaman lisan dan kejelasan berbicara disini sangat dibutuhkan agar mengerti apa yang disampaikan klien dan juga orang atau media mengerti tentang apa yang dibicarakan.

Melihat kompleksnya pekerjaan yang dilakukan, profesi media buyer ini diberi gaji rata-rata sekitar 5 juta sampai 10 juta. Untuk jenjang pendidikan yang dibutuhkan adalah minimal S1 dan pekerjaan ini sangat memberikan prospek yang menjanjikan mengingat berkembangnya iklan sebagai media perusahaan dalam melakukan promosi atau pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *