AXA Mandiri anggaran biaya pendidikan vs asuransi
Informasi Terkini

Inilah Perbedaan Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Perencanaan keuangan harus dipikirkan matang-matang terutama untuk orang yang sudah berumah tangga. Terkadang, pengeluaran rumah tangga tidak terasa. Padahal biaya yang dikeluarkan perbulan cukup besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika anggaran keluar tidak diatur dengan baik, maka akan berdampak pada kondisi finansial suatu keluarga. Sudah pasti sebuah keluarga umumnya terdiri dari orang tua dan anak.

Orang tua yang sudah diberi titipan harus bertanggung jawab atas kehidupan anak. Mulai dari menyediakan makanan, rumah, fasilitas tumbuh kembang, hingga pendidikan yang akan ditempuh. Banyak orang tua yang masih belum sadar jika sebaiknya pendidikan anak direncanakan sejak dini. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan juga tidak sedikit. Terlebih lagi pendidikan di Indonesia sangat bervariasi hingga bisa dikatakan ada uang ada kualitas. Karena hal tersebut, banyak orang tua yang rela merogoh kocek agar anaknya memperoleh pendidikan yang baik. Taukah anda jika AXA Mandiri mempunyai program untuk perencanaan pendidikan buah hati tercinta. Namun, sebelum memasuki program yang ditawarkan, ada baiknya nada mengetahui perbedaan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan.

1.Bunga

Baik tabungan maupun asuransi mandiri sama-sama menawarkan bunga untuk nasabahnya. Pebedaannya ada pada besar bunga yang ditawarkan. Untuk tabungan pendidikan karena berbentuk tabungan, bunga yang ditawarkan berkisar antara tiga sampai enam persen per tahun. Sedangkan untuk asuransi mandiri bunga yang ditawarkan lebih besar yaitu 15 sampai 23 persen per tahun. Meskipun begitu anda jangan tergiur terlebih dahulu karena dana yang dimasukkan ke asuransi pendidikan berupa investasi. Jika mereka memperoleh laba, maka anda akan mendapat bunga yang dijanjikan tersebut. Sebaliknya jika mereka merugi maka anda tidak akan dapat bunga.

AXA Mandiri anggaran biaya pendidikan

2.Keamanan

Tabungan pendidikan masih termasuk dalam produk yang ditawarkan bank. Oleh karena itu untuk setiap transaksi dilindungi serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jika sesuatu terjadi maka dana anda akan tetap kembali. Sedangkan asuransi pendidikan tidak termasuk produk bank, tetapi murni berupa perusahaan asuransi. Bank berperan sebagai penjual saja. Oleh karena itu, tidak ada yang memberikan jaminan keamanan jika terjadi kebangkrutan.

3.Jenis produk

Asuransi pendidikan biasanya menawarkan berbagai macam produk. Meskipun begitu, di Indonesia produk yang ditawarkan berupa asuransi berbasis syariah dan konvensional. Untuk asuransi syariah yaitu asuransi yang dijalankan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip islam sehingga sudah pasti halal. Sedangkan untuk tabungan pendidikan hanya menawarkan satu produk saja.

AXA Mandiri tabungan

Dari ketiga poin di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa tabungan pendidikan tidak sama dengan asuransi pendidikan. Faktanya, masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan kedua produk tersebut. Salah satu program asuransi pendidikan yang menawarkan banyak keuntungan adalah axa mandiri. Asuransi ini menawarkan beberapa produk yang memiliki peraturan masing-masing. Keempat produknya yaitu asuransi mandiri tabungan rencana, asuransi mandiri elite plan, asuransi mandiri elite plan syariah, dan yang terakhir adalah asuransi mandiri perlindungan sejahtera.

Keempat produk tersebut memiliki peraturan yang berbeda-beda mulai dari premi yang harus dibayarkan, jangka waktu pembayaran, dan bunga. Pilihlah program yang sesuai dengan kondisi finansial serta tujuan anda. Program yang sesuai dengan kondisi finansial akan membuat anda merasa tidak berat ketika harus membayar premi. Jika besaran premi yang dibayarkan perbulan terlalu besar pasti anda akan merasa keberatan. Selain itu program juga harus disesuaikan dengan tujuan anda. Dengan begitu anda akan lebih tertata untuk mencapai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *