Kenali Lebih Dalam Mengenai Jasa Outsourcing, Sebelum Anda Menggunakannya
Informasi Terkini

Kenali Lebih Dalam Mengenai Jasa Outsourcing, Sebelum Anda Menggunakannya

Dalam dunia kerja, anda mestinya sudah tahu tentang berbagai macam tenaga kerja. Mulai dari tenaga kerja full-time, kontrak dan freelance hingga tenaga kerja outsourcing. Tenaga outsourcing adalah pekerja yang direkrut dari pihak ketiga. Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja bisa bekerja sama dengan perusahaan jasa outsourcing. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai jasa ini. Jadi silahkan simak artikel ini untuk memahaminya.
Tentang Outsourcing

Jika berbicara tentang bisnis, outsourcing diartikan sebagai menyerahkan sebagaian pekerjaan suatu perusahaan ke perusahaan lain dengan berdasarkan perjanjian pemborongan kerja atau penyediaan tenaga kerja. Dalam artian singkatnya, penggunaan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Perusahaan yang menyediakan tenaga kerja yang memiliki keahlian tertentu, kemudian menyalurkan tenaga kerja kepada perusahaan yang membutuhkan disebut sebagai perusahaan outsourcing.

Sistem Outsourcing

Sistem outsourcing yang biasanya dilakukan adalah, perusahaan anda menyewa jasa perusahaan outsourcing. Dengan menyewa jasa perusahaan tersebut, anda hanya perlu memberitahu kriteria tenaga kerja yang anda butuhkan dan membayar perusahaan jasa tersebut. Kemudian perusahaan outsourcing lah yang akan mengiklankan, menyeleksi, hingga melakukan manajerial terhadap tenaga kerja yang sudah lolos seleksi dan bekerja.

Kenali Lebih Dalam Mengenai Jasa Outsourcing, Sebelum Anda Menggunakannya ini

Menurut undang-undang terdapat 2 jenis karyawan outsourching, yaitu Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Lalu mengenai Gaji dan tunjangan akan ditanggung oleh perusahaan outsourcing, karena anda sudah membayar seluruh biaya untuk jasa outsourcing tersebut.

Kelebihan dari menggunakan outsourcing

Di bawah sistem kerja outsourcing ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan pengguna jasa ini. Kelebihan pertama adalah mengurangi beban rekrtumen tenaga kerja, karena perekrutan dan seleksi dilakukan oleh perusahaan outsource, perusahaan penyewa jasa bisa langsung mendapatkan karyawan terpilih. Yang kedua adalah perusahaan penyewa jasa sudah pasti mendapatkan karyawan dengan keahlian dan kriteria yang spesifik, tanpa perlu memberikan pelatihan lagi.

Karena tidak memerlukan kegiatan perekrutan dan pelatihan, maka perusahaan tidak perlu ambil pusing mengurus tenaga kerja tersebut dan bisa lebih fokus ke pekerjaan inti. Begitu pula dengan alokasi dana, karena anda tidak perlu melakukan pelatihan dan juga mengurus tentang gaji dan tunjangan, maka dana yang dimilikipun bisa digunakan untuk fokus mengurus kegiatan inti perusahaan.

Kekurangan dari menggunakan outsourcing

Namun tentu di balik kelebihan selalu ada kekurangan. Dalam hal outsourcing anda perlu memahami akan kemungkinan kegagalan projek yang dimiliki perusahaan. Hal ini mungkin saja terjadi karena kurangnya dukungan, keterlibatan dan komitmen pihak manajemen dalam pelaksanaan projek outsourcing, yang kemudian memungkinkan terjadinya penyelewengan oleh perusahaan outsource.

Jika penyelewengan terjadi maka akan muncul resistensi dari tenaga kerja yang akan mempengaruhi performa dan alur kerja. Mempekerjakan tenaga kerja outsource untuk kegiatan utama bisnis juga tidak dianjurkan. Terutama untuk projek kerja yang bersifat rahasia, karena akan sangat rentan akan bocornya rahasia perusahaan, baik dalam hal produk ataupun sistem kerja. Resikonya, informasi bisa saja dijual kepada pihak lain atau bahkan diketahui oleh kompetitor perusahaan.

Demikian informasi yang perlu anda ketahui mengenai outsourcing. Selain menjadi salah satu pilihan tenaga kerja untuk perusahaan anda, Outsourcing memiliki sistem tersendiri yang perlu anda pahami. Begitu juga dengan kelebihan yang bisa anda dapatkan dan juga kekurangan yang mungkin saja akan anda dapati saat menggunakan tenaga kerja jenis ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengerti dan memutuskan dengan lebih baik apakah memerlukan tenaga kerja ini atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *