layanan pendirian pt ini
Informasi Terkini

Langkah Cepat Mendirikan PT

PT atau Perusahaan Terbatas merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan dengan perjanjian. Kegiatan usaha dilakukan dengan modal dasar dimana saham perusahan terbagi.

Dalam mengurus perizinan pembangunan PT, masyarakat harus melalui proses yang berbelit-belit. Tidak hanya itu, waktu yang mereka butuhkan dalam mengurus pendirian PT juga cukup lama, yakni berbulan-bulan. Biaya yang perlu disiapkan oleh mereka yang ingin mendirikan PT juga terbilang cukup besar. Kondisi ini terjadi di masa lalu. Demi memberikan kemudahan bagi masyarakat, pendirian PT tidak lagi seperti dulu. Kemudahan inilah yang membuat masyarakat dapat melakukannya sendiri tanpa harus melibatkan layanan pendirian pt. Masyarakat bahkan dapat menjalani prosedur pendirian perusahan terbatas dalam waktu singkat tanpa harus menunggu hingga berbulan-bulan.

Dahulunya, ada 13 prosedur yang harus masyarakat lalui ketika akan mendirikan PT. Waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan PT adalah 47 hari. Kini, masyarakat hanya perlu melalui 7 prosedur saja dan proses perizinan pendirian PT hanya perlu dilalui selama 10 hari saja. Jika masyarakat ingin mendirikan PT dalam waktu singkat, mereka harus memenuhi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang perlu dipersiapkan ketika akan mendirikan PT adalah:

layanan pendirian pt itu

a.Foto kantor yang terlihat dari dalam dan luar ruangan
b.Foto kopi sewa kantor atau surat kontrak serta bukti kepemilikan akan tempat usaha
c.Surat keterangan ruko tempat usaha atau surat keterangan domisi yang berasal dari pengelola gedung
d.Foto kopi kartu identitas diri, Kartu Keluarga atau Kkdan foto kopi NPWP pemegang saham dan direksi perusahaan
e.Foto kopi bukti pembayaran PBB atau Pajak Bumi Bangunan tahun terakhir berdasarkan lokasi tempat usaha

Setelah dokumen dilengkapi, mendirikan PT dapat dilanjutkan dengan menjalani beberapa prosedur. Prosedur yang pertama adalah dengan mengajukan nama perusahaan yang akan digunakan. Jika hal ini telah dilakukan, prosedur pendirian PT lainnya adalah memperoleh akta perusahaan yang berasal dari notaris, mengajukan izin membangun badan hukum, pengajuan TDP, SIUP dan BPJS, mendaftarkan perusahaan di dinas tenaga kerja, pengajuan BPJS ketenagakerjaan dan mendapatkan NPWP. Jika prosedur-prosedur dilakukan dengan baik, perusahaan terpadu dapat berdiri dengan lebih cepat. Tidak hanya menjalankan prosedur dengan baik, PT hanya dapat dibangun jika masyarakat memiliki modal yang cukup. Menurut undang-undang No 40 tahun 2007, jumlah modal minimal yang harus dipersiapkan untuk mendirikan PT adalah sebesar 50 juta rupiah. Berbeda dengan UMKM, masyarakat yang ingin menjalankan usaha tersebut memiliki modal yang tidak dibatasi. Jumlah modal didasarkan oleh kemampuan dari pelaku usaha UMKM. Hal ini tertuang pada PP No 7 tahun 2016 mengenai perubahan modal dasar pendirian PT.

layanan pendirian pt

Meskipun harus menjalankan serangkaian prosedur untuk mendirikan sebuah PT, masyarakat yang mendirikan perseroan terbatas akan mendapatkan beberapa keuntungan. Keuntungan yang akan diperoleh oleh masyarakat ketika mendirikan PT antara lain mudah melakukan kerja sama dengan pemodal asing, lebih kredibel akibat telah berbadan hukum, mudah mendapatkan tambahan modal, dilindungi oleh undang-undang dan dapat memilih bidang usaha yang diinginkan. Jika masyarakat merasa kesulitan untuk untuk melakukan prosedur mendirikan PT atau tidak memiliki waktu untuk menjalankan serangkaian prosedur, mereka dapat memanfaatkan keberadaan layanan pendirian PT. Layanan inilah yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tertarik untuk mendirikan sebuah perseroan terbatas atau PT. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendirikan sebuah PT?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *