Syarat Pembuatan Visa Belanda dokumen yang di butuhkan
Informasi Terkini

Mau Berlibur ke Eropa ? Kenali Syarat Pembuatan Visa Belanda

Jika anda ingin berlibur ke Eropa diharuskan memiliki visa Schengen terlebih dahulu. Visa ini merupakan pintu masuk untuk mengunjungi puluhan negara di Eropa termasuk Belanda. Anda perlu mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan anda. Visa terdiri dari dua jenis yaitu short stay dan long stay, keduanya bisa diurus dengan memenuhi syarat pembuatan visa Belanda. Apa saja persyaratannya ? Yuk simak ulasan berikut.

Mengurus Persyaratan Visa Khusus Untuk Perjalanan ke Belanda

1. Pastikan Mengisi Formulir Visa Schengen

Anda bisa mengunjungi website kedutaan negara yang akan menerbitkan visa lalu mendowload formulir permohonan visa. Kemudian mengisi formulir sesuai data diri yang diminta, jangan terlewat satu data pun nanti anda akan diminta mengulang dari awal. Saat mengisi data diri berilah info selengkap mungkin, karena akan membantu anda saat proses pembuatan visa berlangsung. Setelah mengisi formulir anda mencetak formulir dan barcode yang tersedia.

2. Menyiapkan Paspor Aktif

Paspor yang dimiliki calon pengunjubg harus berlaku minimal 6 bulan sejak terakhir berpergian dan masih bisa digunakan. Pastikan paspor memiliki 2 halaman belakang yang masih kosong untuk visa. Fotokopi paspor tepat pada lembar detail informasi personal. Jika paspor anda baru, siapkan dokumen paspor terdahulu saat pengajuan visa. Jadikan paspor asli dan fotokopi dalam satu map, agar mudah saat anda membutuhkan dadakan.

Syarat Pembuatan Visa Belanda passeport nya

3. Siapkan Foto Diri

Anda perlu menyiapkan 2 lembar pasfoto ukuran 3,5×4,5 cm dengan latar belakang putih atau abu-abu muda. Umunya ada fasilitas untuk membuat pasfoto khusus visa di kedutaan. Namun untuk menyingkat waktu saat proses pengajuan baiknya anda mempersiapkan foto sendiri. Foto difungsikan sebagai data asli calon pembuat visa, nantinya akan berguna saat berada di negara tujuan. Bagian imigrasi akan mengecek kecocokan data visa dengan personal anda.

4. Memiliki Lembar Pernyataan dan Jadwal Perjalanan

Permohanan pengajuan visa harus dilengkapi dengan lembar pernyataan bahwa pengajuan sesuai dengan ketentuan hukum. Selain itu anda juga perlu mengisi lembar jadwal perjalanan negara mana yang dikunjungi dan kepentingan mengunjungi negara tersebut, termasuk berapa hari anda berkunjung. Lembar ini bisa anda unduh di website resmi kedutaan negara yang akan anda kunjungi.

5. Menyertakan Pemesanan Tiket Pesawat

Salah satu syarat pembuatan visa Belanda adalah bukti pemesanan tiket pesawat. Tidak perlu membayar dulu, cukup bukti bahwa anda sudah memesan. Anda bisa memesan tiket pesawat secara online lewat berbagai aplikasi travel atau website maskapai tertentu langsung. Screenshoot bukti booking lalu cetak untuk dijadikan satu map dengan persyaratan lainnya. Pastikan bukti tersimpan dengan baik, karena berkaitan dengan kepentingan visa anda.

6. Membawa Biaya Untuk Visa

Anda perlu menyiapkan uang cash rupiah senilai 60 Euro sekitar 900 ribu rupiah untuk visa dewasa (diatas 12 tahun) dan 35 Euro sekitar 530 ribu rupiah untuk usia 6-11 tahun. Sedangkan untuk anak usia dibawah 6 tahun biaya visa gratis, cukup membawa surat keterangan pertanggungjawaban dan keterangan dari kedutaan. Pembayaran visa dilakukan sekali, kecuali jika anda melakukan pembaruan visa.

Itulah syarat-syarat yang harus anda penuhi saat akan melakukan perjalan bisnis atau berlibur ke negara Belanda. Anda menggunakan visa Schengen sebagai visa resmi saat mengunjungi negara-negara di Eropa. Untuk proses pembuatan visa setelah syarat dokumen lengkap, anda bisa langsung membuat janjian bertemu dengan pihak kedutaan negara untuk proses wawancara. Disana anda akan dicek dokumen dan interview singkat terkait alasan anda berkunjung ke negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *