tau 6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar
Health And Beauty

Mencegah Virus, Yuk Hindari Kesalahan Umum Mencuci Tangan Di Sini

Sering mencuci tangan dipercaya sebagai cara ampuh untuk memerangi penyebaran dari virus Corona Covid 19. Namun ternyata selain harus rajin mencuci tangan, mencuci tangan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ada 6 langkah cuci tangan yang sudah direkomendasikan dan efektif mengurangi atau membunuh virus. Bukan hanya itu, kesalahan umum dalam mencuci tangan pada ulasan berikut juga harus dihindari.

Kesalahan Umum Cuci Tangan Yang Harus Dihindari

1. Mencuci Tangan Saat Tertentu Saja

Mencuci tangan tidak hanya dilakukan setelah urusan kamar mandi dan juga akan makan saja. Ada banyak hal hal yang setelahnya harus langsung mencuci tangan. Seperti misalnya setelah bersentuhan dengan hewan, membuang sampah hingga menyentuh barang barang yang bersifat umum. Mungkin secara langsung anda tidak melihat jika tangan anda kotor. Namun anda tetap harus mencucinya karena virus maupun kuman tidak kasat mata.

2. Tidak Menggunakan Sabun

Mencuci tangan hanya menggunakan air saja tidak cukup. Sabun akan membantu untuk membunuh kuman maupun mikroba dari kulit. Jika terpaksa tidak ada sabun anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Apabila anda masih memiliki akses untuk cuci tangan lebih baik lakukan segera bisa menggunakan abu maupun air sabun. Sabun digunakan setelah tangan dibasahi sesuai pada aturan 6 langkah cuci tangan.

ini Handwashing 6 langkah cuci tangan

3. Menganggap Jika Hand Sanitizer Lebih Efektif

Hand Sanitizer ada untuk anda yang tidak memiliki akses untuk cuci tangan dan tidak memungkinkan. Jika masih ada akses, cuci tangan dengan air dan sabun adalah yang terbaik. Hand sanitizer tidak mampu menghilangkan semua jenis kuman dan zat kimia lainnya. Karena mengandung alkohol anda juga sebaiknya tidak menggunakan ketika tangan dalam keadaan terlihat kotor. Sebab membersihkannya tidak maksimal seperti air dan sabun.

4. Mencuci Tangan Terlalu Cepat

Dalam mencuci tangan ada sebaiknya tidaklah terburu buru. Banyak orang yang lebih fokus pada telapak tangan dan terlalu cepat. Padahal kuman bisa menempel pada seluruh tangan baik itu sela jari hingga kuku. Untuk itu sebaiknya mengikuti langkah cuci tangan yang tepat agar cuci tangan cegah virus corona. Minimal anda disarankan mencuci tangan selama 20 menit atau setara dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun dua kali.

ini journal 6 langkah cuci tangan menurut WHO

5. Tidak Mengeringkan Tangan

Tangan yang basah akan lebih mudah membuat kuman berpindah meskipun anda baru saja mencuci tangan. Untuk itu setelah anda mencuci tangan ada baiknya untuk mengeringkan tangan dengan menggunakan handuk maupun tisu. Handuk yang digunakan harus sering sering dicuci. Bakteri akan tumbuh dengan subur pada handuk yang lembab sehingga harus selalu menggantunya dan sering sering menggantinya agar bakterinya tidak berpindah ke tangan lagi.

6. Langsung Menyentuh Barang

Ketika anda selesai mencuci tangan, sebaiknya anda melapisi beberapa benda yang memungkinkan untuk anda pegang. Terutama ganggang pintu yang biasanya akan langsung anda sentuh ketika keluar kamar mandi. Hal ini tidak akan membuat tangan anda tetap terhindar dari bakteri. Sebab benda benda ini bisa saja masih ditinggali oleh bakteri yang berpindah pada tangan anda. Jika dilakukan cuci tangan cegah virus Corona akan sia sia.

Dengan menghindari berbagai kesalahan yang umumnya dilakukan, anda akan tetap bisa menjaga agar tubuh tetap sehat. Mencuci tangan memang terlihat simple dan mudah, namun masih banyak juga yang enggan melakukannya. Disaat penyebaran musim virus seperti saat ini, mencuci tangan dengan benar dan tepat adalah kunci agar anda tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *