USD ke IDR Mengenali
Info Bisnis Dan Lainnya

Mengenali US Dollar Sebagai Mata Uang yang Perkasa

Dalam dunia perdagangan internasional, US Dollar merupakan jenis mata uang yang telah mendominasinya. Sejarah panjang penggunaan alat tukar sebagai media pertukaran antara satu barang atau jasa mengalami perkembangan dari masa ke masa. Alat tukar itu akan bisa digunakan sebagai media yang paling efektif jika bisa diterima oleh pihak yang melakukan transaksi tersebut.

Kita bisa melihat hampir di semua budaya yang mempunyai alat atau media pertukaran yang berbeda karena memiliki latar belakang yang berbeda juga. dengan berdirinya institusi negara yang berperan dalam mengendalikan alat tukar karena alasan untuk kemakmuran dan juga lambang kedaulatan negara dalam mengelola urusan domestik, maka yang akan terjadi adalah setiap negara yang memiliki mata uang sendiri-sendiri. Termasuk mata uang Dolar Amerika Serikat.

Sejarah kekuatan USD tidak terlepas dari kejadian perang dunia pertama dan perang dunia kedua yang dimana episentrum perjuangannya ada di daratan Eropa walaupun Amerika Serikat turut terlibat dalam peperangan tersebut. Kedua perang tersebut menghancurkan infrastruktur fisik, sosial dan ekonomi negara eropa, Amerika Serikat tidak mengalami kerusakan infrastruktur fisik walaupun infrastruktur ekonominya terkena imbas yang disebabkan oleh sebuah mitra dagang Eropa mengalami kemunduran ekonomi. Akibatnya banyak negara di Eropa barat yang membutuhkan banyak barang dan jasa untuk membangun negaranya kembali yang pada saat itu infrastruktur produksi di Eropa praktis sudah hampir lumpuh. Nah, untuk membeli barang ini pasti membutuhkan uang yang dimana mata uang mereka sudah kurang dihargai karena ekonomi yang sudah rusak berat. Disisi lain, banyak industri di Amerika Serikat hanya mau menerima uang dalam bentuk USD atau emas.

USD ke IDR Mengenali US Dollar

Amerika Serikat saat itu menjadi negara pemegang cadangan emas terbesar dan membentuk program untuk membangun Eropa Barat dengan Marshall Plan (1948) dan Dodge Plan untuk Jepang (1949). lalu dalam program ini negara tersebut sudah tidak memiliki cukup uang oleh Amerika Serikat. Dengan Marshall dan Dodge ini mata uang yang digunakan adalah USD yang memiliki kaitan dengan standar emas saat itu sekaligus diperlakukan sebagai mata uang cadangan resmi anggota IMF. Dari sinilah mengalir lah keuntungan bisnis yang membuat Amerika Serikat semakin makmur dan memperkuat nilai US Dollar. Saat ini kurs dari USDT IDR sebesar 14.168,86 Rupiah Indonesia.

Pentingnya peranan kurs mata uang baik negara maju maupun berkembang mendorong dilakukannya berbagai upaya untuk menjaga posisi kurs mata uang suatu negara tetap berada dalam keadaan yang aman dan relatif stabil. Stabilitas kurs mata uang juga sangat dipengaruhi oleh sistem kurs yang dianut oleh masing-masing negara. Kurs terbagi menjadi dua yakni sistem kurs tetap atau Fixed Exchange rate system dan kurs mengambang atau floating exchange rate system. Amerika Serikat sebagai negara maju dengan USD sebagai mata uangnya merupakan mata uang acuan bagi sebagian besar negara yang mengalami perkembangan. Akibatnya peranan USD menjadi sangat penting yang disebabkan aktivitas perdagangan internasional dilakukan oleh sebagian negara berkembang dengan menggunakan mata uang USD. Indonesia yang merupakan salah satu partner aktivitas perdagangan dengan Amerika Serikat secara otomatis menilai kegiatan perdagangannya dengan mata uang USD.

USD ke IDR Petugas menghitung uang dolar AS

Beberapa faktor yang mempengaruhi dolar begitu berpengaruh bagi perekonomian dunia yakni Dolar AS salah satu mata uang paling stabil, GDP Amerika Serikat yang sangat besar, AS memiliki kekuatan militer terbesar, Amerika Serikat sebagai pemenang perang dunia kedua dan politik pemerintahan Amerika Serikat dianggap stabil. Mungkin itu sekilas penjelasan mengenai USD yang saat ini kursnya dari USD ke IDR sebesar 14.168,86 Rupiah Indonesia. Barangkali anda berminat mengubah mata uang anda maka yang digunakan adalah kurs jual saat ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *