Uncategorized

MENGULAS USAHA PERCETAKAN YANG KINI SEMAKIN LARIS

Usaha percetakan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Bisa dikatakan usaha ini masih terus memiliki peluang yang cerah karena usaha ini hanya membutuhkan modal kecil dan untung yang menjanjikan untuk jangka panjang. Namun perlu diingat untuk tidak semena-mena dalam menjalankannya. Disini akan dibahas mengenai beberapa usaha percetakan dan tips agar usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Sebelum menuju ke peluang bisnis percetakan, lebih baik ikuti tips memulai bisnis percetakan berikut.
1.Tentukan target yang akan dituju. misalnya target anda adalah warga sekolah. Maka anda bisa membuka bisnis percetakan seperti print, fotocopy, dan poster.
2.Berusaha untuk selalu menerima orderan dan memuaskan pelanggan. Ini demi nama baik dan kualitas usaha anda. Dengan begitu akan banyak menarik pelanggan lain untuk menggunakan jasa anda dan mendapatkan kepercayaan orang lain. Selalu ingat bahwa citra usaha itu penting.
3.Lokasi. Ini sangat penting untuk memenuhi target anda. Jika anda membuat target warga sekolah namun membuka toko di area pasar itu adalah tindakan yang salah. Tentukan lokasi yang strategis yang bisa membuat anda lebih dari sekedar memenuhi target yang anda tuju.
4.Memahami alur dan proses dari bisnis yang dijalani. Ini sangat berguna untuk dapat melihat grafik dari bisnis anda, bagaimana perkembangan sistem manajemen yang anda buat dan resiko yang anda terima. Pelajari juga dari segi prosedur pengerjaan seperti order, kalkulasi, pengerjaan, dan finishing.
5.Niat dan Bergerak pada Peluang
Jika anda memiliki niat namun tidak bergerak, maka anda akan hidup dalam imajinasi saja. Kesempatan tidak datang dua kali. Niat dan bergerak merupakan cara terbaik yang dilakukan pada kesempatan. Berfikir lah untuk hidup masa sekarang dan jangan berlebihan dalam berangan-angan tanpa tindakan.

Selanjutnya akan membahas mengenai peluang bisnis percetakan yang dapat menghasilkan omset yang menjanjikan. Beberapa peluang tersebut yaitu:
1.Percetakan Buku
Walaupun kini sudah banyak sekali muncul e-book, namun percetakan buku juga terus mengikuti perkembangan zaman dan semakin laris. Contohnya yang saat ini masih memiliki banyak peminat yakni pencetakan buku untuk anak lulusan SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi. Anda bisa mencetak ribuan buku yang menyediakan bank soal untuk mereka. Karena mereka juga tidak akan belajar hanya melalui smartphone seperti materi perhitungan.

2.Percetakan Undangan
Anda bisa mencoba untuk membuka cetak undangan untuk pernikahan, khitan atau acara lain. Jangan lupa untuk memberikan contoh hasil cetakan juga kepada khalayak sekitar agar mereka percaya dan dapat melihat hasilnya secara konkret.

3.Percetakan Poster (Banner) dan Brosur
Poster dan brosur biasanya sangat dibutuhkan untuk memberi pengumuman atau mempromosikan suatu instansi atau toko lalu ditempel pada papan pengumuman. Percetakan ini akan sangat laris jika anda mendirikannya di tengah kota seperti lingkungan sekolah, perkantoran atau tempat yang ramai.

4.Percetakan Amplop, Stopmap dan Kalender
Ini merupakan salah satu peluang percetakan yang bagus. biasanya yang paling banyak membutuhkan ialah sekolah atau perkantoran.Sama halnya seperti percetakan brosur dan poster, anda bisa membuka toko percetakan ini sekaligus.

5.Percetakan Baju
Atau yang biasa kita kenal sablon baju. Biasanya untuk menandakan sebuah golongan atau kelompok tertentu. Usaha ini bisa menghasilkan omset yang menjanjikan untuk jangka panjang.

6.Percetakan untuk Souvenir
Percetakan souvenir merupakan bisnis percetakan yang memiliki keuntungan besar juga. Anda bisa menaruh foto atau gambar tertentu di sebuah benda yang nantinya akan menjadi souvenir. biasanya yang sering dijadikan souvenir adalah gelas atau mug, sendok dan garpu, dompet, dan hiasan lainnya.

Itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai usaha percetakan yang semakin laris. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *