jenis instrumen investasi harga emas antam logam mulia
Info Bisnis Dan Lainnya

Menguntungkan, Yuk Intip Jenis Instrumen Investasi Yang Bisa Anda Coba

Saat ini, investasi menjadi salah satu hal yang mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari kalangan ke atas hingga menengah ke bawah. Berdasarkan jangka waktunya sendiri, investasi dapat dibedakan menjadi dua kategori yakni investasi jangka panjang dan juga investasi jangka pendek. Anda pun juga bisa memilih jenis instrumen investasi yang populer dan juga menguntungkan. Untuk anda yang masih bingung, berikut simak ulasan selengkapnya.

Pilihan Instrumen Untuk Investasi Yang Bisa Anda Coba

1. Properti

Investasi jenis satu ini juga mulai banyak diminati oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan bisa dipastikan bahwa nilainya akan terus mengalami kenaikan tanpa banyak fluktuasi. Resiko untuk berinvestasi dengan menggunakan instrumen satu ini pun tergolong rendah. Ada beberapa model yang bisa untuk anda gunakan, salah satunya adalah dengan membangun properti, membeli tanah dan nanti anda bisa menjualnya ketika harga telah cukup tinggi.

jenis instrumen investasi properti

Ada pula cara lain yang bisa anda lakukan ketika berinvestasi di bidang satu ini. Dimana anda bisa menyewakan properti, sehingga akan bisa mendapatkan pemasukan yang lumayan. Untuk investasi dalam properti ini dapat dikatakan sebagai bentuk investasi jangka panjang. Sehingga untuk mendapatkan modal kembali, maka anda pun memang perlu untuk sabar dan telaten dalam waktu yang cukup panjang.

2. Emas

Hingga kini, bentuk investasi dalam bentuk emas memang tak pernah sepi peminat. Resiko untuk investasi dengan bentuk ini terbilang cukup rendah. Ditambah lagi dengan nilainya yang cenderung stabil maka akan membuat anda bisa mengalami peningkatan pada tiap tahunnya. Untuk anda yang tertarik di dalam investasi satu ini, maka anda bisa memilih emas batangan.

Hal ini dikarenakan nilai dari emas batangan lebih murni dan dinilai dari beratnya. Selain itu, anda pun juga perlu menyiapkan tempat untuk menyimpan emas yang telah anda beli. Anda bisa menyewa deposit box di bank atau menyimpannya sendiri di rumah. Hal ini bertujuan agar nantinya emas tersebut akan tetap awet dan aman. Dengan begitu emas pun bisa menjadi investasi anda ketika dibutuhkan nantinya.

3. Deposito

Jenis instrumen investasi ini dapat dikatakan mirip dengan tabungan. Para investor pemula, biasanya cenderung memiliki deposito dikarenakan memiliki resiko yang cukup rendah. Namun, beda dengan tabungan maka deposito ini memiliki tingkat bunga dan terdapat jatuh tempo. Sehingga semakin banyak uang yang anda depositkan, maka nantinya akan semakin banyak pula bunga depositonya. Pada umumnya, suku bunga dari deposito berkisar antara 5 hingga 6 persen setiap tahunnya.

jenis instrumen investasi saham deposito

Jika anda memilih jenis investasi satu ini, maka anda pun perlu tahu bahwa uang tersebut tidak bisa diambil sewaktu waktu seperti tabungan. Pasalnya, terdapat tenor yang mengikat, sehingga ketika deposito belum waktunya jatuh tempo maka anda tidak bisa menyentuhnya sama sekali. Waktu tenornya pun cukup beragam, rata rata bank akan menyediakan tenor maksimal hingga 12 bulan dan terdapat pula bank yang menawarkan tenor hingga 24 bulan.

Untuk itu, ketika anda mulai yakin untuk berinvestasi maka anda bisa memilih jenis investasi sesuai dengan yang anda inginkan. Dengan begitu, nantinya anda pun akan bisa untuk mendapatkan hasil sesuai dengan ekspetasi anda. Sebelum memulai melakukan investasi, maka anda bisa melihat terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari berbagai macam jenis investasi tersebut. Sehingga nantinya anda pun akan lebih yakin untuk mulai berinvestasi dalam bentuk yang seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *