Mobil Mengalami Kerusakan Begini Cara Mengklaim Asuransi Mobil, Yuk Simak
Informasi Terkini

Mobil Mengalami Kerusakan ? Begini Cara Mengklaim Asuransi Mobil, Yuk Simak!

Pengendara mobil masa kini banyak yang memiliki asuransi kendaraan. Sebagai perlindungan wajib untuk pemilik kendaraan roda empat. Adanya asuransi membuat pemilik mobil akan terlindungi dari berbagai resiko kerusakan dan kehilangan kendaraan. Bila mobil terjadi resiko, Anda bisa mudah melakukan klaim asuransi agar mendapat ganti rugi. Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara mengklaim asuransi mobil, berikut ini ulasannya. Yuk simak.

Prosedur Umum Mengklaim Asuransi Untuk Mobil

Klaim asuransi kendaraan adalah bentuk upaya pemegang polis ketika meminta ganti rugi pada pihak perusahaan asuransi. Klaim diajukan saat terjadi pencurian atau kerusakan terhadap mobil yang diasuransikan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi dalam waktu 3×24 jam. Segera hubungi agen melalui telepon, SMS, email atau kantor perusahaan. Jangan Anda menunda, karena berdampak pada penanganan klaim.

Foto bagian kerusakan mobil sebelum diperbaiki. Sebagai bukti bahwa mobil benar-benar mengalami kerusakan. Selanjutnya pemegang polis mengisi formulir yang telah disediakan perusahaan asuransi. Isi formulir sebaik mungkin, karena salah satu dokumen kelengkapan persetujuan klaim. Berkomunikasi dengan agen terkait, memberi informasi detail kronologis kejadian. Ini nantinya akan menjadi pertimbangan dari perusahaan, apalah klaim diterima atau ditolak.

Mobil Mengalami Kerusakan Begini Cara Mengklaim Asuransi Mobil, Yuk Simak ini

Cara Klaim Pada Asuransi Mobil All Risk

Kebanyakan pengendara mobil menggunakan dua asuransi mobil, all risk atau TLO. Keduanya mempunyai cara klaim yang agak berbeda. Pada asuransi all risk, Anda akan disarankan oleh agen ke bengkel yang sudah tersedia dalam perjanjian. Setelah Anda mendatangi bengkel, isi formulir klaim yang tersedia di bengkel yang dibubuhi materai sebagai transaksi sah. Pihak bengkel nanti yang melakukan konfirmasi ke perusahaan asuransi. Jika pengajuan klaim disetujui, mobil akan langsung diperbaiki.

Kekurangan cara klaim asuransi all risk adalah sisi penanganan lama. Klaim tidak langsung disetujui dalam jangka waktu 24 jam. Anda diharuskan menunggu kelengkapan berkas-berkas dari perusahaan. Mengkonfirmasi kebenaran kronologis dari Anda, juga pihak bengkel terkait seberapa parah kerusakan mobil. Belum lagi Anda diminta membuat bukti tertulis tentang kronologi kejadian. Hal ini dilakukan sebagai bukti dokumentasi syarat pengajuan klaim.

Pengajuan Klaim Pada Asuransi Mobil TLO

Total Lost Only (TLO) hanya membayarkan klaim pada resiko kehilangan mobil atau kerusakan kendaraan minimal 75%. Jika resiko kerusakan berupa lecet biasa, maka Anda tidak akan bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Namun, hal yang perlu diingat bahwa perusahaan bukan mengklaim asuransi dilihat dari sisi fisik, melainkan nilai perbaikan mobil yang mencapai 75%. Contohnya, harga mobil 100 juta mengalami resiko dengan perbaikan 75 juta. Jadi, total klaim yang diberikan sebesar 75 juta.

Cara mengklaim asuransi mobil pada asuransi TLO sama dengan prosedur umumnya. Namun, ada pengecualian bahwa tidak diperbolehkan ada kerusakan palsu. Maksudnya, agar biaya perbaikan melebihi 75%, Anda mengakali dengan menambah kerusakan sengaja. Perusahaan asuransi sangat selektif dalam pengajuan klaim. Sebelumnya akan melakukan investigasi dan menanyai saksi mata. Jadi, Anda tidak bisa mengelabui perusahaan asuransi dengan pengajuan klaim yang dibuat-buat.

Demikianlah cara pengajuan klaim asuransi mobil, baik all risk dan TLO sama prosedurnya. Hal yang membedakan adalah salah satu syarat pengajuan klaim. Anda bisa mendapatkan perlindungan apabila terjadi resiko di masa depan. Klaim dibayar berdasarkan nilai kerusakan pada mobil. Tergantung dari jenis premi mana yang diambil. Jika sudah memahami manfaat proteksi untuk mobil dan kemudahan klaimnya, Anda bisa menimbang mulai menggunakan asuransi untuk meminimal terjadinya resiko di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *