Jahe Bahan Alami Yang Bisa Tangkal Virus
Informasi Terkini

Tak Hanya Jahe, Berikut Bahan Alami Yang Bisa Tangkal Virus di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang khawatir hingga melakukan berbagai hal agar tidak mudah terinfeksi virus corona tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamu atau beberapa jenis tanaman herbal yang dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Ternyata tak hanya jahe saja yang berkhasiat bisa menangkal virus, terdapat banyak bahan alami yang bisa membantu untuk menangkal virus tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Bahan-Bahan Alami Yang Bisa Tangkal Virus

1. Pegagan

Pegagan merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Memiliki nama latin Centela Asiatica. Pegagan sendiri merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini juga berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Jahe Bahan Alami Yang Bisa Tangkal Virus Jamu

Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside yang ada di dalamnya dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik. Selain itu, manfaat kesehatan lain dari pegagan adalah mempercepat penyembuhan luka, melancarkan aliran darah, menyamarkan stretch marks, meningkatkan fungsi kognitif otak, membantu mengobati penyakit alzheimer, dan meredakan kecemasan dan stres.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki nama latin Allium Sativum, dipercaya memiliki banyak keunggulan yaitu menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, bahkan bisa meningkatkan gairah bercinta. Apabila diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini juga memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan. Bahan alami satu ini juga mengandung allicin yaitu sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

3. Temulawak

Curcuma Xanthorrhiza Roxb. atau temulawak ini dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Tanaman satu ini merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Berasal asli dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Untuk saat ini, sebagian besar budidaya temulawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Bahan alami satu ini mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, yaitu fellandrean atau turmerol (minyak menguap), minyak atsiri, kamfer, glikosida, foluymetik karbinol, dan kurkuminoid. Untuk kandungan dari kurkuminoid sendiri terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang bermanfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.

4. Meniran

Tanaman dengan nama latin Phyllanthus Niruri L. ini secara empirik dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti pengobatan gangguan ginjal, sariawan, malaria, tekanan darah tinggi, peluruh air seni, nyeri ginjal, kencing batu, gangguan empedu, sebagai antidiare, dan sebagai antipiretik. Dalam dunia farmasi, ekstrak meniran ini telah teruji secara klinis sebagai imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh.

Jahe Merah Bahan Alami Yang Bisa Tangkal Virus

5. Kunyit

Curcuma domestica Val atau kunyit terbukti mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh. Kunyit juga dikenal dengan kunir yang termasuk ke dalam salah satu tanaman rempah-rempah seperti jahe dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Hampir tiap orang yang ada di Indonesia dan India umumnya pernah mengonsumsi tanaman satu ini, baik untuk pelengkap bumbu masakan, maupun untuk jamu.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat menangkal virus corona di masa pandemi seperti ini. Dalam sebuah penelitian juga telah menyebutkan bahwa tanaman-tanaman tersebut memang baik untuk peningkatan daya tahan tubuh. Manfaatnya sebagai imunomudulator tersebut, membuat semua tanaman di atas baik untuk dikonsumsi dengan tujuan untuk mencegah infeksi virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *