Mengapa Produk Olahan Susu Menyebabkan Asam Lambung Naik
Health And Beauty

Yuk Intip 6 Produk Olahan Susu yang Miliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Susu dikenal dapat memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh, seperti dalam membantu proses perkembangan tulang dan gigi. Produk susu murni yang populer di kalangan masyarakat adalah susu yang diolah menjadi susu cair, baik itu susu krim, susu UHT, susu bubuk, atau susu evaporasi. Tidak hanya itu, ternyata susu juga diolah menjadi produk lain. Yuk simak ulasan 6 produk olahan susu disini.

6 Produk Hasil Dari Olahan Susu

1. Keju

Siapa yang tidak mengenal keju? Produk yang terbuat dari susu satu ini memiliki cita rasa yang khas, sehingga kerap kali dicampurkan dalam berbagai hidangan. Mulai dari sebagai isian roti, taburan pada kue ataupun makanan, hingga sebagai bahan campuran dalam makanan tertentu. Keju sendiri diproduksi menjadi berbagai jenis. Keju sendiri dibuat dengan cara memisahkan zat padat pada susu dengan memanfaatkan proses pengentalan yang dibantu oleh enzim rennet.

2. Minyak Samin

Apa itu minyak samin? Minyak samin atau juga bisa disebut dengan ghee adalah produk yang dibuat dari mentega yang sudah direbus dan dibuang residunya. Minyak yang terbuat dari mentega ini bisa dikatakan cukup populer di negara negara Asia, terutama Asia Selatan. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak yang memproduksi minyak tersebut, namun tidak hanya dari mentega yang merupakan produk olahan susu tetapi juga yang dihasilkan oleh lemak nabati.

3. Produk Whey

Produk whey seperti keju whey hingga minuman whey merupakan produk yang diproses dari bagian cairan yang tersisa dari proses pengendapan pembuatan keju. Dimana produk satu ini merupakan protein yang juga sering dimanfaatkan orang orang untuk meningkatkan massa otot. Tidak hanya itu, mengkonsumsi whey ternyata juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dan juga meningkatkan performa saat berolahraga.

4. Mentega

Produk satu ini sudah tidak asing lagi di kehidupan masyarakat, dimana produk ini biasanya dibuat dari krim atau susu yang dihasilkan oleh sapi, kambing, ataupun domba. Di Indonesia, produk mentega sudah melewati proses pasteurisasi sehingga produk olahan susu tersebut lebih aman untuk dikonsumsi dan tidak mudah basi. Biasanya mentega akan digunakan sebagai campuran kue, olesan roti tawar, ataupun untuk mengolah makanan lain.

5. Kasein

Kasein adalah protein penting yang biasanya ditemukan pada susu dan dapat dimanfaatkan untuk pembuatan beberapa macam produk, seperti keju dan roti. Tidak hanya itu, kasein juga dapat diproduksi menjadi produk suplemen kasein yang bisa dikonsumsi sebagai pembentuk otot dan penambah massa otot. Sehingga dengan mengkonsumsi kasein yang cukup, maka tidak perlu lagi mengkonsumsi keju atau susu.

6. Yoghurt

Yoghurt terbuat dari produksi fermentasi bakteri pada susu. Dimana produk dari susu yang diolah ini memiliki perpaduan rasa asam manis khas, yang disebabkan oleh adanya fermentasi laktosa pada bakteri sehingga menghasilkan asam laktat yang bekerja dalam protein susu. Biasanya produk olahan susu ini akan menggunakan susu sapi, domba, unta, dan kambing. Dimana pada setiap susu tersebut akan menghasilkan rasa yoghurt yang berbeda beda.

Itulah beberapa macam produk yang merupakan hasil dari olahan susu, baik itu susu sapi, kambing, domba, ataupun unta. Namun tidak itu, susu juga bisa diolah dalam berbagai macam produk lainnya seperti sereal, biskuit, bahkan hingga dodol yang merupakan makanan khas nusantara. Meskipun diolah ke dalam berbagai produk, namun susu tetaplah susu yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *