Yuk Intip 7 Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online ini
Informasi Terkini

Yuk Intip 7 Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

Seorang pengendara yang baik wajib memiliki surat-surat lengkap atas kendaraannya, termasuk adanya plat nomor kendaraan. Tujuan nomor kendaraan sebagai identitas kepemilikan. Adanya plat kendaraan mempermudah untuk mengetahui informasi siapa pemilik kendaraan. Namun di era digital, Anda bisa akses mudah untuk cek pemilik plat nomor kendaraan online. Berikut cara akses dengan bebas, tidak perlu pergi ke kantor Samsat.

Cara Melacak Nomor Kendaraan Motor dan Mobil

1. Cek Lewat Situs Resmi SAMSAT

Kecanggihan teknologi memudahkan akses informasi, termasuk Samsat yang memiliki web resmi khusus pelayanan 24 jam. Mengetahui informasi nomor kendaraan sekarang tidak perlu pergi ke kantor, atau menunggu giliran dalam antrian panjang. Anda tinggal mengunjungi situs web resmi Samsat sesuai dengan wilayah nomor kendaraan tersebut. Setelah itu masukkan nomor kendaraan, maka informasi detail kendaraan keluar.

2. Cek Kepemilikian Via SMS

Selain lewat situs web, Anda juga bisa cek pemilik plat menggunakan via SMS. Masukkan format SMS berikut: ketik JATENG nomor kendaraan , lalu kirim ke 9600. Anda akan mendapat balasan cepat terkait informasi pemilik. Hal ini juga membantu Anda untuk mengetahui berapa jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Biaya pengiriman SMS tergantung operator yang digunakan.

Yuk Intip 7 Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

3. Aplikasi E-Smart Samsat Jatim

Mengikuti perkembangan zaman, Samsat Jatim membuat solusi dengan aplikasi E-Smart yang bisa di download di Play Store. Di dalam aplikasi menampilkan informasi pajak motor sesuai plat nomor yang dimasukkan. Anda bisa melihat besaran pajak untuk STNK masa 1 tahun hingga 5 tahun. Selain itu, Anda bisa tahun informasi kepemilikan kendaaraan lewat nomor plat.

4. Aplikasi Sambara Milik Jawa Barat

Sambara singkatan dari Samsat Mobil Jawa Barat. Aplikasi digunakan untuk membayar pajak kendaraan wilayah Jawa Barat. Sekaligus mengecek besara pajak sesuai plat kendaraan yang diinputkan. Tak hanya itu, Sambara juga digunakan untuk melihat update status kepemilikan kendaraan bermotor. Namun, sebelumnya pemilik kendaraan wajib lapor terkait kepemilikan jika ada balik nama.

5. Aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta

Apikasi ini diperuntukkan cek pemilik plat nomor kendaraan online. Sebelum download aplikasi, Anda harus login dengan akun Google. Kemudian, Anda masukkan nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan (NIK). Setelah itu akan muncul segala informasi, mulai dari nama pemilik, tipe kendaraan, tahun produksi, nilai jual, jumlah pajak kendaraan hingga denda yang harus dibayar.

6. Website Informasi Samsat Yogyakarta

Yogyakarta tidak menggunakan aplikasi seperti kota-kota lainnya, tapi Anda bisa mengakses lewat website resmi yang disediakan. Anda tinggal memasukkan nomor kendaraan yang ingin dicek, kemudian klik submit secara otomatis akan muncul informasi mengenai nilai jual kendaraan, besaran pajak, hingga tanggal jatuh tempo. Untuk pembayaran pajak dilakukan secara offline, jadi Anda hanya bisa akses besaran jumlah saja.

7. Aplikasi Peluit Milik Polda Aceh

Mengikuti trend kota-kota lainnya, Polda Aceh meluncurkan aplikasi Peluit untuk memudahkan warganya. Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur E-Samsat dan E-SIM. Tersedia pula formulir pengaduan secara online dan tombol kecelakaan. Digunakan untuk antisipasi saat kondisi emergency, jadi Anda bisa meminta bantuan polisi terdekat. Selain itu Anda bisa bebas akes informasi kepemilikan nomor kendaraan.

Demikian informasi mengenai cara melacak nomor polisi kendaraan, baik motor dan mobil. Anda bisa mengakses dimanapun dan kapanpun tanpa harus mengunjungi lembaga terkait. Jika Anda kehabisan paket data, Anda juga bisa melakukan pengecekan via SMS. Anda bisa memanfaatkan fasilitas serba ada ini dengan mudah, tak perlu khawatir lagi bila terjebak dalam kondisi darurat. Kepanikan Anda akan teratasi responsif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *