wisata blue fire banyuwangi
Informasi Terkini

Yuk Intip Tips Berburu Pemandangan Indah di Wisata Blue Fire Banyuwangi Disini

Daerah Banyuwangi adalah salah satu daerah yang berada di Pulau Jawa yang memiliki segudang destinasi wisata di dalamnya. Salah satu destinasi wisata di daerah tersebut ialah Kawah Ijen yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Daya tarik dari Kawah Ijen tersebut adalah adanya api biru yang memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan. Untuk memperoleh pemandangan dari si api biru tersebut terdapat beberapa tips di baliknya.

Tips dalam Berburu Pemandangan Indah Api Biru di Kawah Ijen

1. Mendaki di Waktu yang Tepat

Terdapat beberapa tips untuk memperoleh pemandangan indah di wisata Blue Fire Banyuwangi ini. Salah satunya adalah dengan mendaki di waktu yang tepat. Biasanya para pengunjung yang datang akan mulai mendaki pada pukul 01.00 dini hari untuk menikmati pemandangan indah dari si api biru tersebut. Jarak untuk mencapai titik tempat api biru berada adalah sekitar 3 km dari titik start pendakian.

2. Datang di Musim Kemarau

Tak hanya mendaki di waktu yang tepat, hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah musim yang tepat pada saat melakukan pendakian. Sebaiknya datanglah ke Kawaj Ijen pada musim kemarau untuk memperoleh pemandangan si api biru yang lebih menawan. Karena api biru tersebut juga akan terhalang oleh hujan da kabut di musim penghujan. Waktu dari munculnya si api biru adalah sekitar pukul 03.00 sampai dengan 04.00 pagi hari.

3. Lakukan Persiapan Fisik Sebelumnya

Sudah diketahui bahwa untuk menikmati pemandangan indah di Kawah Ijen, Anda memerlukan proses pendakian terlebih dahulu. Meskipun jalur pendakian yang ada terbilang relatif dekat atau pendek, namun tetap saja pendakian ini harus dipersiapkan secara matang matang sebelumnya. Dengan keadaan fisik yang baik tentu akan mampu membantu Anda dalam menikmati pemandangan di wisata Blue Fire Banyuwangi dengan lebih baik.

4. Persiapkan Peralatan Sebaik Mungkin

Tak hanya persiapakan dari segi fisik saja, persiapan dalam segi pearlatan juga harus Anda perhatikan. Gunakan peralatan pendakian yang memadai saat mendaki tempat ini demi melihat pemandangan dari si api biru tersebut. Diketahui pula terdapat banyak belerang yang ada di Kawah Ijen tersebut sehingga harus membuat Anda bersiap siap untuk membawa masker demi kesehatan yang dimiliki.

5. Hindari Musim Liburan

Saat musim liburan tiba terdapat banyak gunung yang akan dipenuhi oleh para wisatawan. Hal ini juga akan berlaku di Kawah Ijen yang ada di daerah Banyuwangi dengan ketinggian 2.386 mdpl ini. Tentu saja dengan pengunjung yang ramai akan sedkit mengganggu kenyamann Anda dalam melakukan pendakian dan juga menikmati pemandangan yang ada. Hal inilah yang membuat Anda layak mengunjungi Kawah Ijen bukan pada saat musim liburan.

6. Menggunakan Jasa Ojek Gerobak

Jika Anda ingin sampai ke puncak dengan cara yang lebih cepat, terdapat opsi lain yang bisa Anda pilih. Opsi tersebut adalah dengan menggunakan jasa ojek gerobak. Gerobak itu sendiri biasanya digunakan untuk mengangkut belarang untuk dibawah ke bawah. Namun tentu saja jasa ojek dari gerobak ini juga terbilang cukup menguras kantong. Anda harus membayar ratusan ribu rupiah untuk jasa ini.

Agar dapat menikmati pemandangan indah bera api biru di Kawaj Ijen, terdapat beberapa hal yang dapat Anda perhatikan sebelumnya. Misalnya adalah dari waktu start pendakian, dan juga musim yang sedang terjadi untuk dapat pergi ke kawah tersebut. Anda juga harus memperhatikan kesiapan fisik dan juga peralatan sebelum mendaki salah satu destinasi wisata yang terkenal di daerah Banyuwangi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *