Yuk Kenali Manfaat Sistem Marketing Omni Channel Retailing ini
Informasi Terkini

Yuk Kenali Manfaat Sistem Marketing Omni Channel Retailing

Omni Channel sudah muncul dan menjadi trend digital marketing di Indonesia. Tujuannya mempermudah penjual dan pembeli dalam berkomunikasi terkait barang yang ditransaksikan. Omni Channel Retailing mengutamakan pengalaman pelanggan mereka, berbelanja dengan berbagai channel sekaligus secara online maupun offline. Omni Channel mengkombinasikan berbagai macam cara berbelanja. Baik dari toko fisik, webstore, smartphone, maupun sosial media. Semuanya untuk kenyaman berbelanja konsumen.

Berkembangnya teknologi memudahkan konsumen mencari tahu barang apa yang ingin dibelinya. Teknologi memfasilitasi perkembangan termasuk pola konsumsi modern yang berkembang. Memanfaatkan ketergantungan masyarakat terhadap smartphone, konsumen lebih rela waktu yang habis untuk membaca ulasan produk, memeriksa foto produk, bahkan mengecek testimoni pembeli. Maka, kebiasaan ini diimbangi dengan pendekatan ritel Omni Channel. Menawarkan kemudahan berbelanja.

Mengenal Strategi Belanja Omni Channel

Secara definisi Omni Channel diartikan sebagai proses atau pengalaman pelanggan yang bisa menggunakan lebih dari satu channel penjualan. Cara kerja Omni Channel menghubungkan semua channel bisnis yang berbeda. Menciptakan pengalam belanja konsumen secara efektif dan konsisten menjadi hal penting dibanding memberikan banyak pilihan kepada pelanggan. Umumnya channel yang biasa digunakan yaitu toko fisik, e-commerce, mobile commerce, dan media sosial.

Yuk Kenali Manfaat Sistem Marketing Omni Channel Retailing

Hal pertama yang harus diperjelas yaitu mengumpulkan semua informasi terkait dan data pelanggan, kemudian bisa dikirimkan ke masing-masing channel sesuai permintaan. Lalu, didistribusikan dengan lancar, maka Omni Channel mulai bisa dijalankan. Pelanggan akan mulai melihat produk lewat sistus web dan melihat keseluruhan detail produk, termasuk informasi barang ready stock. Dengan Omni Channel, saat pelanggan datang ke toko, pegawai toko sudah tau barang mana yang akan diambil.

Simbiosis Mutualisme dalam Strategi Omni Channel

Ada ikatan kuat dalam sistem Omni Channel, hal saling menguntungkan antara pembeli dengan penjual. Hal ini alasan Omni Channel menjadi salah satu yang perlu diterapkan dalam bisnis. Banyak manfaat yang dapat diambil dari Omni Channel. Pertama, bagi pelanggan yang melakoni, omni channel retailing memudahkan dalam pembelian produk. Bisa membeli kapan saja dan dimana saja melalui ponsel. Pelanggan tinggal cek history kegiatan di toko untuk tahu barang apa yang akan dibayarkan.

Kedua, bagi pebisnis ritelnya, Omni Channel membantu dalam meningkatkan laba dan loyalitas pelanggan. Orang melihat website bisnis, beberapa jam kemudian otomatis ada ketertarikan membeli item tersebut. Belum lagi ketika pelanggan login akun dan melihat satu item di web, kemudian menutupnya. Otomatis sistem mengirimkan email yang menampilkan produk serupa. Karena sudah tertarik sebelumnya, mereka cenderung mengklik dan membeli.

Kurang Menguntungkan Bagi Bisnis Skala Kecil

Dalam membangun sistem Omni Channel dibutuhkan biaya yang cukup besar. Melibatkan seorang ahli dalam pemrograman web, teknologi, perangkat lunak, serta butuh sistem keamanan data yang sangat kuat. Sistem Omni Channel juga memiliki kelemahan, untuk bisnis skala kecil hal ini bisa menjadi beban di awal usaha. Kurang pas bila skala kecil menggunakan sistem Omni Channel dalam bisnisnya. Lalu apakah benar-benar tidak bisa diterapkan dalam bisnis kecil ?

Meski tidak menerapkan Omni Channel persis seperti bisnis skala besar, namun bisa mengambil hal-hal dasar yang dibangun dalam Omni Channel. Kunci keberhasilannya yaitu konsistensi dan konektivitas. Semua kegiatan pemasaran dengan mudah memberikan hasil yang baik jika menggabungkan kemudahan yang ditawarkan secara online dengan proses direct yang ditawarkan secara offline. Teknologi memberi kemudahan yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

Cara menerapkan Omni Channel masuk dalam kategori mudah dalam penerapan teknologi. Kunci pemasarannya terletak pada aksesbilitas. Meskipun sisi onlinenya mendominasi pemasaran, penjualan, dan pembayaran namun sisi offline juga berjalan bersamaan. Pemasaran yang ditawarkan memberikan hasil yang baik. Pemasaran yang lebih terikur dan bisa dikorelasikan. Sistemnya lebih mempermudah hidup manusia. Konsumen akan merasakan kepuasan konsumen dalam pengalaman belanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *