Yuk Kenali Solusi Agar Tidak Mendapat Denda Telat Bayar Pajak Motor ini
Informasi Terkini

Yuk Kenali Solusi Agar Tidak Mendapat Denda Telat Bayar Pajak Motor

Pajak merupakan suatu hal yang wajib dibayarkan untuk kepentingan membangun negara. Banyak jenis pajak yang harus dipatuhi, termasuk pajak kendaraan. Jika Anda memiliki kendaraan bermotor, maka Anda diwajibkan membayar pajak motor. Pembayaran pajak dilakukan tahunan dengan denda telat bayar pajak motor sebesar 25% jika melakukan keterlambatan. Simak ulasan berikut ini agar tidak terjebak denda ketika Anda lupa.

Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

1. Drive Thru Samsat: Membayar Pajak Cepat dan Mudah

Ini adalah cara baru membayar pajak motor yang diperkenalkan oleh Samsat. Meniru konsep memesan makanan cepat saji dengan drive thru. Sekarang Anda bisa menerapkan dalam pembayaran pajak. Cara menggunakannya lebih cepat dan mudah, Anda tidak perlu parkir motor untuk melakukan pembayaran pajak. Namun sayangnya tidak semua Samsat menyediakan layanan satu ini.

Sementara ini, Drive Thru Samsat baru diperkenalkan di Samsat Kebon Nanas. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 menit saat proses bayar pajak. Sangat menghemat waktu bagi Anda yang diburu aktivitas lainnya. Pertama, Anda pergi ke loket utama untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diminta. Di loket kedua, Anda melakukan pembayaran dan dimintai dokumen asli. Cukup mudah bukan ?

Yuk Kenali Solusi Agar Tidak Mendapat Denda Telat Bayar Pajak Motor

2. Membayar Pajak di Kantor Kecamatan

Jika Anda senang bertemu banyak orang, membayar pajak lewat Kecamatan bisa jadi pilihan. Kalau drive thru mempersempit ruang sosialisasi Anda, cara ini Anda bisa bertemu dan mengobrol dengan orang baru. Anda juga tidak perlu repot-repot bayar pajak di Samsat, yang mungkin saja lokasinya jauh dari rumah. Jadi Anda bisa menghemat waktu tanpa perlu berkendara jauh dan tidak perlu antri panjang.

Layanan ini diresmikan sejak tahun 2015 dan baru diterapkan di kota Jakarta. Selain menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, Anda juga bisa mengesahkan STNK atau mengajukan pembaruan STNK. Tapi untuk perpanjang STNK lima tahunan Anda tidak bisa melakukan di kantor Kecamatan, tapi harus menyelesaikan urusan tersebut di kantor Samsat.

3. Membayar Pajak di Kantor Samsat

Banyak yang menyarankan kebijakan drive thru dan bayar di kecamatan, sayangnya kebijakan ini baru berlaku di Jakarta. Di luar Jakarta masih belum diterapkan. Di daerah-daerah masih berlaku bayar pajak di kantor Samsat. Bahkan, ada yang mengantri sedari pagi agar tidak terjebak dalam antrian panjang. Masyarakat cenderung malas untuk membayar. Bisa dilihat dari sedikitnya minat membayar pajak.

Kantor Samsat tidak hanya menerima denda telat bayar pajak motor setiap tahunnya, juga melayani perpanjangan STNK lima tahunan. Kantor Samsat juga menjadi tempat pembuatan SIM baru. Saat ke Samsat, Anda membawa berkas-berkas untuk memenuhi syarat pembayaran pajak kendaraan. Mulai KTP, STNK hingga BPKB, kemudian mengisi formulir dan melakukan pembayaran setelah dipanggil.

4. Perhatikan Jadwal Jatuh Tempo

Jika Anda seorang pelupa, mungkin bisa memberi tanda di kalender biasa atau kalender HP. Perhatikan tanggal jatuh tempo bayar pajak motor, lalu beri tanda pada kalender agar tidak lupa membayar. Bunyikan alarm, jika itu tanda di kalender HP, sebagai pengingat kemudian hari. Mendekati tanggal, Anda mulai sisihkan sebagian uang untuk kebutuhan membayar pajak kendaraan. Bayarkan pajak antara 3 hari hingga 1 minggu sebelum jatuh tempo.

Itulah kemudahan-kemudahan yang disediakan pemerintah untuk mengantisipasi telat pembayaran pajak motor. Selain kemudahan yang diberikan, Anda harusnya memberi peringatan untuk diri sendiri. Mengingat hasil dari pajak juga ikut anda rasakan bersama dengan masyarakat yang lainnya. Membuka mata bahwa kebutuhan pajak juga kembali untuk membangun negara dan menjadi sebuah kewajiban yang harus ditunaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *