Api application programming application program interface dokumentasi API
Informasi Terkini

Yuk Kenali Tahapan Penulisan API Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula Serta Cara kerjanya

Banyaknya kemudahan yang dapat ditemukan oleh pengguna website tidak terlepas dari peran application program interface atau API. Namun yang perlu penting untuk memperhatikan API web agar tidak menyebabkan website anda acak-acakan. Untuk itu perlu adanya dokumentasi API yang apik dan baik. Untuk mendapatkan hal tersebut tentunya anda harus memperhatikan tips penulisan berikut ini.

Tahapan Pendokumentasian API Yang Memuaskan

Pendokumentasian API biasanya menjadi salah satu pintu menjadi API writer yang baik. Yang mana pendokumentasian tersebut dimulai dari pengubahan sudut pandang dari developer menjadi sebuah user. Developer tersebut perlu menggunakan pemikiran pemanfaatan API dapat digunakan sebisa mungkin, dibandingkan apa saja yang dapat digunakan melalui API.

application program interface dokumentasi API ini

Oleh karena itu pendokumentasian API yang dianggap memuaskan bagi user dan developer adalah harus melewati beberapa tahapan sederhana. Yang mana dokumentasi yang sederhana dan baik perlu memiliki isi seperti keterangan yang jelas mengenai resource, kemudian dilengkapi dengan daftar parameter yang digunakan dalam resource tersebut.

Dalam daftar parameter tersebut perlu menyertakan tipe yang digunakan, special formatting, rules, serta dilengkapi dengan keterangan apakah resource atau method ini digunakan. Selain itu tahapan yang perlu dilakukan pada dokumentasi API lainnya adalah menyertakan sample call yang disertai dengan sambungan ke media type body.

Setelah dilengkapi dengan sample body yang menyertakan media type body, maka tahapan yang selanjutnya yaitu melengkapi contoh kode sebuah bahasa pemrograman. Serta contoh SDK yang memperlihatkan cara mengakses resource dengan menggunakan SDK yang harus sesuai dengan bahasa pemrograman. Kemudian tahapan selanjutnya yaitu link resource tambahan seperti blog.

Tahapan yang terakhir dapat pendokumentasian yang dilakukan adalah melengkapi comment section agar user dapat berbagi untuk mendiskusikan kode di dalamnya. Beberapa tahapan tersebut merupakan sebagian dari tahapan yang harus dilakukan untuk pendokumentasian API. Diperlukan lebih luas lagi untuk melengkapi tahapan tersebut.

Mengetahui Cara Kerja Application Program Interface

Tidak hanya mengetahui tahapan pada pendokumentasian API, namun anda juga perlu mengetahui cara kerja application program interface. Cara kerja sistem operasi yang satu ini dimulai dari aplikasi mengakses API. Kemudian setelah pengguna mengakses sebuah aplikasi, maka API akan melakukan request ke server.

application program interface dokumentasi API

Hal tersebut dilakukan setelah berhasil mengakses alamat API, maka permintaan pengguna akan diteruskan pada sebuah server layanan yang tersedia. Setelah layanan tersebut telah memberikan informasi mengenai kebutuhan pengguna, maka selanjutnya server memberi respon ke API. Hal ini terjadi ketika menemukan data yang sesuai dengan permintaan serta keinginan pengguna.

Setelah menemukan data yang sesuai dengan permintaan pengguna, maka sever kembali menghubungi API. Kemudian dilanjutkan dengan API menyampaikan Respons ke sebuah aplikasi yang digunakan. Dengan begitu API dapat meneruskan informasi server ke aplikasi yang digunakan oleh pengguna.

Proses tersebut berlangsung bersamaan dengan permintaan layanan penyediaan jasa lainnya. Oleh karena itu dalam penggunaan aplikasi penerima jasa melalui sistem API anda harus menampilkan beberapa informasi mengenai beberapa jasa pelayanan yang lainnya secara sekaligus. Dengan begitu anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Itulah beberapa tahapan serta cara kerja dari API. Untuk mendapatkan pendokumentasian API yang baik dan benar serta apik tentunya membutuhkan berbagai tahapan yang sangat panjang dan dibutuhkan ketelitian yang sangat baik. Tentunya dengan berbagai pengembangan pemikiran yang sangat penting, seperti pemanfaatan apa yang dapat diberikan oleh API kepada para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *