Yuk Ketahui Cara Mengurus Denda Telat Bayar Pajak Mobil ini
Informasi Terkini

Yuk Ketahui Cara Mengurus Denda Telat Bayar Pajak Mobil

Seluruh pemilik kendaraan bermotor termasuk mobil, diwajibkan membayar pajak setiap tahun. Tanggal dan besarnya pajak sudah tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun masih banyak pemilik mobil yang telat membayar pajak. Sehingga dikenakan sanksi berupa denda telat bayar pajak mobil. Lalu bagaimana cara agar tidak telat bayar ? Yuk simak disini.

Tips Pembayaran Pajak Mobil Untuk Si Pelupa

1. Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Dulu, kalau ingin mengetahui besaran pajak kendaraan harus mendatangi kantor SAMSTA. Kini mengecek pajak bisa diakes melalui online lewat website kantor Samsat per provinsi. Hal ini bisa Anda lakukan kapanpun dimanapun selama masih memiiki konektivitas internet. Caranya mudah, cukup masukkan nomor polisi kendaraan, nomor KTP, beserta warna kendaraan. Dalam hitungan detik informasi pajak kendaaraan Anda bisa langsung diketahui, termasuk jatuh tempo bayar.

Yuk Ketahui Cara Mengurus Denda Telat Bayar Pajak Mobil

2. Membuat Pengingat di Kalender HP

Zaman serba canggih pasti sebagian besar masyarakat sudah memiliki HP. Ada fitur kalender bisa difungsikan sebagai penginggat dan akan berbunyi sesuai tanggal diatur. Anda cukup mengatur jadwal minimal 1 minggu sebelum jatuh tempo, lalu 3 hari sebelum jatuh tempo dan saat hari H pembayaran. Otomatis saat itu juga Anda cepat-cepat membayarkan pajak.

3. Membayar Denda Pajak Mobil di Loket Samsat

Anda tidak perlu ke kantor pajak untuk membayar. Cukup datang ke kantor Samsat dan mengikuti prosedur pembayaran. Datang langsung ke lokasi Samsat terdekat di daerah Anda dan mengambil nomor antrian. Terlebih dulu mengisi formulis yang disediakan di loket dengan data diri dan info kendaraan. Lalu serahkan formulir dan dokumen yang diperlukan ke loket. Setelah itu tunggu nama Anda dipanggil sesuai nomor antrian. Sebelum berangkat, pastikan kelengkapan dokumen.

4. Gunakan Fasilitas Via SMS

Tidak mau repot ke kantor Samsat, Anda bisa membayar denda lewat SMS. Kirim dengan format: esamsat lalu kirim ke nomor Samsat masing-masing daerah. Setelah itu Anda akan dikirimkan pemberitahuan yang berisi kode bayar, jumlah tagihan dan data kendaraan. Anda bisa membayar lewat ATM dan simpan bukti bayar. Untuk konfirmasi datangi loket Samsat lalu tukar bukti bayar dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah.

5. Bayarkan Denda Lewat e-SAMSAT

Saat mengalami denda telat bayar pajak mobil, secepatnya Anda mengurus pembayaran. Jika tak sempat waktu luang bisa pakai situs online e-SAMSAT sesuai daerahmu. Browsing di Google alamat situs online di daerah yang dimaksud. Setelah ketemu klik situsnya lalu masukkan data kendaraan dan kode verifikasi. Bayar pajak kendaraan lewat ATM terdekat sesuai tagihan yang diberikan. Simpan bukti bayar untuk ditukar ke kantor Samsat saat waktu Anda longgar.

6. Kunjungi ATM Terdekat

Sempatkan mampir ke ATM terdekat untuk membayar jumlah denda. Jangan dibiarkan denda menumpuk karena terus menunda. Anda bisa pergi ke ATM kapanpun jika malas megantri di kantor Samsat. Datangi ATM sesuai kartu Anda, lalu masukkan kartu. Pilihlah menu ‘bayar’ lanjutkan dengan memilih ‘lainnya’, lalu pilih ‘pajak/penerimaan negara’, pilih ‘e-SAMSAT’ terakhir input nomor polisi mobil lalu bayarkan pajak.

Itulah cara agar Anda lebih mudah dalam pembayaran, tidak perlu khawatir proses yang rumit karena telat bayar pajak. Meskipun tidak baik diulang kembali di kemudian hari. Karena di aturan terbaru, masyarakat yang lupa bayar pajak kendaraan hingga 2 tahun maka data kendaraan akan dihapus. Itu berarti status mobil dalam kondisi ilegal. Ini justru menghambat Anda pergi bebas kemanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *