Yuk Pelajari Singkat Cara Hitung Penyusutan Harga Mobil Per-Tahun ini
Informasi Terkini

Yuk Pelajari Singkat Cara Hitung Penyusutan Harga Mobil Per-Tahun

Saat membeli mobil baru, Anda perlu memperhitungkan untung ruginya disamping dari kebutuhan anda. Untuk memastikan harga jual tetap tinggi kemudian hari. Anda perlu mempertimbangkan karena berkaitan dengan biaya perawatan selama kepemilikan. Harga mobil yang dijual kembali dihitung sekalian penyusutan harga mobil per-tahun. Lima tahun mendatang harga yang ditawarkan hasil akumulasi dari depresiasi.

Menghitung Harga Jual Kendaraan Mobil Dengan Mudah

1. Metode Garis Lurus: Hitung Depresiasi Sederhana

Metode ini menghubungkan alokasi biaya dengan berlalunya waktu. Digunakan untuk menjaga beban depresiasi tetap sederhana dan konstan sepanjang umur ekonomis aset. Metode ini mengakui pembebanan periode yang sama panjangnya dengan umur aktiva. Ada dua rumus yang digunakan dalam metode garis lurus, menggunakan nilai residu dan tanpa nilai residu.

Pada metode, aktiva yang bersangkutan akan memberikan manfaat yang sama untuk setiap periodenya. Estimasi umur ekonomis dibuat bulanan atau tahunan. Penghitungan dengan nilai residu, didapat dari harga perolehan dikurangi nilai residu dibagi umur ekonomis. Sedangkan tanpa nilai residu, penyusutan dihitung dari harga perolehan dibagi umur ekonomis. Perkiraan umur ekonomis mempengaruhi seberapa layak harga jual.

Yuk Pelajari Singkat Cara Hitung Penyusutan Harga Mobil Per-Tahun

2. Metode Saldo Menurun Ganda: Penyusutan Mesin Produksi

Metode digunakan untuk menghitung beban depresiasi mesin-mesin produksi. Hal ini karena mesin berkurang kemampuannya setiap tahun. Di awal pembelian, mesin mampu beroperasi lebih cepat dan mulus, namun di tahun kedua hingga seterusnya mesin menurun peformanya. Dalam menghitung depresiasi metode ini berdasarkan nilai buku dari akhir tahun pertama.

Cara menghitung metode ini tanpa menggunakan nilai residu. Penyusutan diperoleh dari harga perolehan dibagi umur ekonomi dikali 2. Contoh, harga mesin produksi 200 juta. Harga penyusutan tahun pertama sebesar 40 juta. Didapat dari (200.000.000 : 10)x 2, berlaku pada tahun-tahun selanjutnya. Sampai mesin dinyatakan sudah tua dan sudah tidak lagi berproduksi dalam jumlah banyak.

3. Metode Jumlah Angka Tahun: Penyusutan di Akhir Penggunaan

Sama seperti metode saldo menurun ganda, metode ini menghitung penyusutan mesin-mesin. Penghitungan dilakukan untuk memperkirakan produktivitas. Kalau mesin masih baru, produktivitas akan terus bertambah. Semakin tahun peforma mesin menurun, ini sangat mempengaruhi berapa banyak produktivitas yang dihasilkan. Metode ini menggunakan rumus nilai residu pada jumlah angka tahun.

Metode ini mengandalkan rumus yang sama seperti metode saldo menurun, tapi cara hitung penyusutan harga mobil per-tahun berbeda. Deperesiasi didapat dari harga perolehan dikurangi harga residu dikali usia ekonomi per- angka tahun ekonomis dikurang satu. Hal ini untuk memperkirakan harga jual kendaraan di tahun berikutnya, atau bisa jadi untuk 5 tahun mendatang.

4. Metode Unit Production: Memproyeksi Sisa Umur Aset

Pada metode ini, nominal dari depresiasi yang dikeluarkan dan memiliki nilai proposional pada periode tersebut. Nilai proporsional terdiri dari dua syarat; kapasitas produksi dari pemakaiaan aset saat ini dibanding dengan estimasi produksi makimal selama umur ekonomis aset. Metode ini sering digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk menghitung penyusutan aset.

Mengenai metode unit production, dalam menghitung beban penyusutan menggunakan nilai residu. Beban penyusutan didapat dari harga perolehan dikurangai harga residu, dikali pemakasian per- kapasitas maksimal. Jika metode lain menggunakan akhir tahun, maka ini menggunakan ukuran jarak tempuh.

Itulah perbedaan cara menghitung penyusutan pada mobil. Sebenaranya tidak berlaku untuk mobil saja, tapi juga pada benda lain yang mengandung nilai ekonomis. Terutama mesin produksi yang besar kecilnya penyusutan smempengaruhi produktivitas perusahaan. Semakin tua kendaraan akan memiliki nilain residu berbeda. Di kemudian hari saat Anda akan menjualnya, Anda lebih dulu menawarkan harga dan memperoleh keuntungan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *