pengembalian premi asuransi anda
Info Bisnis Dan Lainnya

Yuk Simak 5 Tahapan untuk Mendapatkan Pengembalian Premi Asuransi

Kondisi keuangan yang tidak stabil mendorong seseorang untuk mendaftar asuransi sebagai penolong dalam keadaan darurat. Ketika membeli polis asuransi, maka nasabah wajib membayar premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Dari pembayaran premi tersebut, nasabah berhak mendapatkan uang kembali jika sebelumnya tidak pernah klaim asuransi. Adapun prosedur pengembalian premi asuransi diantaranya sebagai berikut.

Tahapan yang Harus Dilalui Agar Uang Asuransi Dikembalikan

1. Datang ke Perusahaan Asuransi

Setiap produk asuransi memiliki jangka waktu yang berbeda beda. Pengajuan uang kembali bisa dilakukan jika nasabah sudah memasuki akhir masa pertanggungan. Sebelumnya anda juga perlu mengetahui syarat diperbolehkannya mengajukan refund. Jika anda memenuhi sebagai nasabah yang bisa mengajukan refund dana asuransi, anda bisa mendatangi perusahaan asuransi tersebut, baik ke kantor pusat, kantor cabang atau melalui customer service.

informasi mengenai pengembalian premi asuransi syariah

2. Menyampaikan Maksud dan Tujuan

Tahap yang perlu dilakukan setelah sampai di perusahaan asuransi yaitu perlu menyampaikan maksud dan tujuan. Utarakan kepada pihak asuransi apabila anda ingin melakukan penutupan polis. Tanyakan juga mengenai prosedur untuk mendapatkan pengembalian. Anda akan diajak berdiskusi dengan perwakilan dari pihak asuransi. Selanjutnya pihak asuransi akan segera memproses permintaan penutupan polis dan menyiapkan beberapa dokumen yang harus diisi.

3. Mengisi Dokumen yang Diberikan

Setelah itu, pihak asuransi akan meminta anda untuk melengkapi dokumen yang berisi tentang perjanjian pada saat pertama mendaftar asuransi serta persyaratan untuk memperoleh pengembalian premi asuransi. Anda perlu memahami isi dari dokumen yang diberikan. Jika belum mengerti, anda bisa menanyakan kepada perwakilan pihak asuransi tersebut. Selain itu, anda juga perlu mengisi formulir pengajuan penarikan dana serta pembatalan polis.

Pada tahap ini, anda harus melakukannya dengan teliti mengingat formulir yang diberikan berfungsi sebagai formulir pencairan dana asuransi. Kesalahan saat mengisi formulir tersebut bisa berdampak pada proses pengembalian dana asuransi yang lebih lama atau bahkan pengajuan anda tidak disetujui. Anda juga perlu mencentang bagian habis kontrak polis yang terdapat pada kolom detail perubahan. Selain itu, anda juga perlu mengisi data diri hingga rekening tujuan pembayaran.

4. Melengkapi Syarat yang Ditetapkan oleh Perusahaan Asuransi

Jika sudah mengisi dokumen yang telah diberikan oleh pihak asuransi, selanjutnya anda perlu melengkapi persyaratan mulai dari kartu identitas hingga buku polis. Hal ini perlu anda persiapkan dengan baik, agar perusahaan segera memproses pengembalian yang diajukan. Pastikan jika nama yang tercantum dalam data rekening sama dengan yang tertulis di dalam Surat Kuasa Debet Rekening (SKDR). And akan diminta membuat surat pernyataan jika terdapat perbedaan data.

pengembalian premi asuransi

5. Menunggu Pencairan Dana Pengembalian Asuransi

Langkah terakhir dari pengajuan refund dana asuransi yaitu menunggu pencairan dana. Namun perlu diketahui jika jumlah dana yang dikembalikan tidak utuh sesuai jumlah premi yang telah dibayarkan. Umumnya jangka waktu pencairan terhitung tujuh hari dari waktu pengajuan. Sayangnya tidak semua perusahaan asuransi menyediakan fitur satu ini. Jadi sebelum mendaftar asuransi, pastikan jika anda bisa mendapatkan pengembalian dana ketika tidak melakukan klaim.

Pengembalian dana asuransi memang bisa dijadikan investasi. Namun, jumlah yang dikembalikan tentu akan berkurang dibandingkan jumlah premi yang telah dibayarkan. Selain itu, tidak semua produk asuransi menawarkan manfaat ini. Oleh sebab itu, anda harus mempertimbangkannya dengan baik, sebelum mendaftar asuransi. Akan lebih baik jika anda memilih jenis investasi seperti emas atau reksadana. Menabung menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *